Ini Dia Cara Nolak Orang Lain Buat Kamu yang Serba Enggak Enakan, People Pleaser Wajib Tahu!

Ini Dia Cara Nolak Orang Lain Buat Kamu yang Serba Enggak Enakan, People Pleaser Wajib Tahu!

Ilustrasi penolakan.-Pixabay/@geralt-

INFORADAR.ID - Terkadang bagi orang people pleaser sangat ingin menolak permintaan orang lain, namun bagaimana jadinya jika dia tipikal orang yang selalu enggak enakan?

People pleaser merupakan sebutan bagi orang yang ngerasa enggak enakan kepada orang lain, di saat orang lain membutuhkan diri kita dan selalu meng-iyakan itu meskipun terpaksa.

Perilaku itu disebut dengan people pleaser, sehingga ketika dia ingin menolak permintaan orang lain, dia akan merasa bersalah karena tidak memberikan bantuan, sehingga seringkali berkata maaf yang berlebihan.

Namun perlu diketahui bahwa perilaku itu tidak baik bagi kita jika selalu merasa enggak enakan karena akan terkesan kurang memperhatikan kepentingan pribadi.

BACA JUGA:Diet Akan Sia-Sia Jika Makan Camilan Ini Saat Malam Hari

Simak artikel berikut untuk kamu yang selalu merasa enggak enakan sehingga kamu bisa melakukan penolakan tanpa harus merasa bersalah.

1. Tolak sambil memberikan opsi yang lain

Menolak dengan cara ini bisa membuat kamu lebih menyesuaikan dengan waktu kamu dan jika tidak, orang lain yang mengerti akan memahami jika kamu tidak bisa.

Cobtoh: "Maaf, aku belum bisa. Lain kali kalau ada hal lain yang bisa aku bantu, boleh kok.

2. Tolak dengan alasan yang logis dan jelas

Kalau kamu mau memberikan penolakan, berikan alasan yang jelas dan logis kepada orang itu, sehingga dia bisa mengerti kondisi kamu.

Contoh: "Sorry, kayanya aku belum bisa bantu kali ini, soalnya kebetulan lagi ada tugas kampus tenggat waktu yang harus aku selesaikan segera."

BACA JUGA:Susah BAB? Coba 4 Jenis Olahraga Ini Agar BAB Lancar

3. Ucapkan maaf

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: