KUR BRI 2023 Khusus Petani, Bisa Dapat Pinjaman Hingga Rp500 Juta

KUR BRI 2023 Khusus Petani, Bisa Dapat Pinjaman Hingga Rp500 Juta

Program KUR Pertanian-Instagram Kementerian Pertanian-

INFORADAR.ID – Buat para petani yang kini sedang dilanda bencana kekeringan yang menyebabkan gagal panen, tenang, KUR BRI 2023 hadir sebagai solusi untuk bangkit dan mulai memperbaiki perekonomian.

Pinjaman kredit usaha rakyat atau KUR BRI 2023 ini dibuat sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Para pelaku usaha seperti UMKM, TKI, hingga petani bisa memanfaatkan program ini untuk memenuhi kebutuhan modal usaha.

Pinjaman KUR BRI 2023 ini sudah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat, banyak kisah sukses pelaku UMKM yang terbantu dengan program ini. Hal itu tentu juga bisa terjadi kepada para petani yang kini sedang terpuruk akibat dilanda bencana kekeringan.

Seperti kita ketahui, saat ini, pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, sangat intens memperhatikan kesejahteraan masyarakat, salah satunya kepada para petani yang menjadi penopan kebutuhan pokok masyarakat.

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian bekerja sama dengan perbankan menciptakan program pinjaman KUR khusus petani. Perlu diketahui, program KUR Pertanian ini bisa dimanfaatkan petani untuk modal usaha seperti membeli mesin pompa, benih, pupuk organik, serta usaha lainnya yang bisa meningkatkan produktivitas pertanian.

BACA JUGA:Info KUR BRI 2023 Sudah Dibuka, Begini Syarat dan Ketentuannya

Ada tiga jenis skema penyaluran KUR Pertanian yang bisa diajukan oleh para petani.

1. KUR Super Mikro

Program KUR BRI Super Mikro ini khusus untuk calon debitur yang baru pertama kali mengajukan KUR dan belum memiliki usaha atau petani dengan limit pinjamannya maksimal kredit Rp10 Juta dan tanpa agunan apapun.

Namun para petani harus bersedia mengikuti program pelatihan dan pendampingan, serta harus tergabung dalam gabungan kelompok tani. Serta harus memiliki surat keterangan usaha dari pemerintah desa/kelurahan setempat dan Nomor Induk Berusaha (NIB).

2. KUR Mikro BRI

Program ini memiliki plafon kredit sebesar Rp100 Juta dengan usaha minimal sudah berjalan enam bulan, serta persyaratan lainnya sama dengan KUR Super Mikro. Persyaratan yang harus dilengkapi seperti Foto copy KTP, KK, dan surat keterangan usaha dari pemerintah desa/kelurahan dan NIB.

3. KUR Kecil BRI

Program ini memiliki plafon kredit mulai dari Rp100 Juta hingga Rp500 Juta yang bisa dimanfaatkan petani, persyaratannya hampir mirip dengan KUR BRI Mikro, namun wajib ikut kepesertaan BPJS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: