Taklukan Ikan Besar di Lautan

Taklukan Ikan Besar di Lautan

--

INFORADAR.ID - Bagi Kombes Pol Nunung Syaifuddin, memancing adalah hobi sering ia lakukan. Untuk menyalurkan hobinya tersebut, perwira menengah Polri itu hampir setiap akhir pekan berada di tengah laut.

"Kalau setiap akhir pekan saya biasanya selalu berada di laut," ujar pria yang saat ini menjabat sebagai Wakil Direktur Tipidter Bareskrim Polri tersebut, Rabu 13 September 2023.

Nunung mengungkapkan, hobi memancing sudah ia lakukan sejak beberapa tahun lalu. Untuk menyalurkan hobinya tersebut, mantan Kapolres Serang itu bahkan telah memiliki beragam joran dan kapal. "Untuk kapal kebetulan saya sudah beli, kalau joran ada beberapa yang saya punya," ujar Nunung.

Nunung mengaku alasan dia menyukai hobi memancing karena sensasi strike-nya. Tarikan ikan laut terutama yang ukuran besar akan menjadi hiburan menyenangkan dan membuat suasana hati menjadi bahagia. "Senangnya kalau dapat ikan yang besar, itu sensasinya luar biasa," ungkap mantan Direktur Reskrimsus Polda Banten tersebut.

Nunung mengatakan, sudah banyak ikan ukuran yang cukup besar ia taklukan. Iklan yang ukuran besar telah ditaklukkan tersebut diantaranya, kerapu, kue, dan tenggiri. "Kalau dapat ikan yang ukuran besar itu sudah sering, enggak kehitung lagi jumlahnya," kata Nunung.

Nunung menjelaskan, hobi memancing di laut tersebut banyak memberi manfaat bagi dirinya. Pertama, memancing kata dia dapat menghilangkan penat dan stress. "Setelah aktivitas pekerjaan, mancing ini bisa buat kita lebih fresh lagi," ujar Nunung.

Kemudian yang kedua, memancing dapat mengeluarkan hormone dopamine. Hormone dopamine ini berhubungan dengan penguatan dan penghargaan pikiran serta pengolahan emosi. Saat memancing biasanya dapat mengatur emosi.

Dopamin ini memengaruhi cara seseorang dan bergerak hingga cara mengingat dan berperilaku. Hal tersebut secara tidak langsung memengaruhi kesehatan mental. "Itu artinya memancing membuat suasana hati kita menjadi senang," kata alumnus Akpol 1995 tersebut.

Nunung mengatakan, ia hanya tertarik pada memancing di laut. Tempat pemancingan seperti empang atau kolam tidak menarik bagi dia. "Kalau mancing di empat ikannya kita sudah tahu dan ikannya itu-itu saja, selain itu tarikan ikan di empang atau di kolam tidak sekuat di laut," kata Nunung.

Selain hobi memancing di laut, mantan Direktur Polairud Polda Banten tersebut juga menyukai berburu babi. Aktivitas berburu tersebut juga sering dia lakukan bersama komunitasnya di akhir pekan. "Selain memancing saya juga suka berburu babi hutan," ungkap Nunung.

Menurut Nunung, hobi berburu hutan tersebut memberi manfaat bagi petani. Sebab, babi hutan dianggap sebagai hama yang sering memakan tanaman petani.

"Jumlah populasi babi di Provinsi Banten ini masih banyak khususnya di Lebak dan Pandeglang, dengan adanya aktivitas perburuan tersebut maka secara tidak langsung dapat mengurangi populasi babi hutan," tutur Nunung (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: