Berapa Bunga KUR BRI 2023? Ini Penjelasan Lengkapnya

Berapa Bunga KUR BRI 2023? Ini Penjelasan Lengkapnya

Ilustrasi Pengusaha yang menggunakan KUR BRI--freepik

INFORADAR.ID - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. dikenal sebagai salah satu bank yang memberikan KUR BRI 2023 kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui model pembiayaan yang bertujuan untuk meningkatkan akses UMKM terhadap pembiayaan.

Program KUR BRI 2023 memiliki fungsi untuk memperkuat kapasitas pembiayaan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM.

Dana disediakan dalam bentuk modal kerja dan modal investasi dan diberikan dalam bentuk kredit KUR BRI 2023 kepada pelaku UMKM perorangan maupun kelompok usaha yang memiliki kegiatan produktif dan layak namun tanpa agunan tambahan.

Usaha-usaha ini saat ini tidak meminjam dari bank kecuali untuk kredit konsumsi seperti kredit pemilikan rumah, hingga kartu kredit.

Tentu saja, perusahaan-perusahaan ini harus sudah aktif beroperasi setidaknya selama enam bulan. Mereka juga harus memiliki izin usaha mikro dan kecil (IUMK) atau izin usaha lain yang dianggap setara.

KUR BRI adalah kredit modal kerja berbunga rendah dengan suku bunga tetap sebesar 6% per tahun atau 0,5% per bulan untuk peminjam yang menjalankan usaha yang layak dan produktif.

Namun, suku bunga akan lebih tinggi jika peminjam mengambil lebih dari satu pinjaman KUR.

Untuk pinjaman KUR kedua, suku bunga meningkat menjadi 7%; untuk peminjam ketiga, suku bunga meningkat menjadi 8% dan kemudian menjadi 9%.

Layanan KUR secara resmi diluncurkan pada tahun 2007 dan pinjaman KUR didanai dari dana bank dan lembaga keuangan yang menjadi perantara penjualan KUR.

BRI menerima alokasi sebesar Rp 270 triliun untuk penyaluran KUR tahun ini.

Masyarakat lokal sendiri juga memiliki akses terhadap fasilitas KUR.

Fasilitas-fasilitas ini termasuk pinjaman hingga Rp 500 juta, pinjaman modal dan investasi melalui subsidi pemerintah dengan suku bunga rendah dan tanpa biaya administrasi, dan program untuk pengusaha perorangan.

BACA JUGA: Simulasi Angsuran dan Tabel KUR BRI 2023, Plafon Rp50 Juta Hingga Rp100 Juta

KUR BRI terdiri dari 3 jenis, yaitu KUR Mikro, KUR Kecil, dan KUR TKI.

KUR Mikro

KUR Mikro adalah jenis pinjaman untuk pengusaha mikro dan kecil dengan jumlah pinjaman maksimum Rp 50 juta.

KUR Kecil

KUR Kecil adalah jenis KUR BRI yang ditujukan untuk pengusaha menengah dengan pinjaman maksimum sebesar lebih dari 50 juta hingga 500 juta.

KUR TKI

KUR TKI merupakan bantuan pembiayaan bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ingin bekerja di luar negeri namun terkendala modal awal dengan pinjaman maksimal 25 juta. 

Itulah penjelasan tentang KUR BRI dan berapa bunga yang ada di KUR BRI 2023. 

Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi situs resmi Bank Rakyat Indonesia di sini.(*)

Semogha informasi ini dapat membantu yah.(*)

BACA JUGA : Pinjaman Online Bank BRI Bernama CERIA, Apa Itu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber