Bank BRI Kembali Menawarkan KUR BRI Untuk UMKM Dengan Plafon Rp 400 Juta

Bank BRI Kembali Menawarkan KUR BRI Untuk UMKM Dengan Plafon Rp 400 Juta

Mitos dan Fakta kUR BRI 2023--

Di sisi lain, untuk pinjaman KUR Mikro BRI di sektor produksi 4P (pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan), dapat dilakukan maksimal empat kali pengajuan dengan plafon kumulatif Rp 400 juta.

Untuk kredit KUR mikro BRI di luar sektor produksi 4P, dapat diajukan maksimal dua kali pengajuan dengan plafon kumulatif sebesar Rp 200 juta.

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh peminjam UMKM yang ingin mengajukan KUR mikro BRI adalah sebagai berikut

1. Pemohon kredit haruslah perorangan (pribadi) yang memiliki usaha produktif yang dinilai layak.

2. Pemohon pinjaman harus sudah menjalankan usaha minimal enam bulan.

3. Pemohon pinjaman tidak boleh memiliki pinjaman yang masih berjalan dari lembaga perbankan, kecuali pinjaman konsumtif seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), atau kartu kredit.

4. Calon peminjam harus memenuhi persyaratan administratif seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan surat izin usaha.

Selain itu, ada persyaratan tambahan yang harus dipenuhi oleh calon peminjam, seperti jenis pinjaman yang diajukan (kredit modal kerja atau kredit investasi) dan jangka waktu maksimal tiga atau lima tahun.

Selain itu, dokumen administratif seperti pengalaman kerja minimal enam bulan, tidak memiliki riwayat kredit bank yang buruk (kecuali kredit konsumtif), buku tabungan, kartu tanda penduduk (KTP), surat izin usaha yang dikeluarkan oleh kelurahan atau instansi yang berwenang, nomor pokok wajib pajak (NPWP) apabila jumlah pinjaman yang diajukan melebihi Rp 50 juta. Pinjaman harus memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Bank BRI, termasuk penyerahan dokumen-dokumen berikut

Untuk memberikan gambaran mengenai jumlah angsuran dari pinjaman KUR Mikro BRI tanpa jaminan dan dengan tambahan jaminan dengan batas maksimum Rp 100 juta, berikut ini adalah simulasi pembayaran angsuran 

Cicilan 12 bulan Rp 8.606.700 per bulan

Cicilan 18 bulan Rp 5.823.200 per bulan

Cicilan 24 bulan Rp 4.432.100 per bulan

Cicilan 36 bulan Rp 3.042.200 per bulan

Cicilan 48 bulan Rp 2.348.600 per bulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: