Berawal dari Hobi, Club Fortress Chooper Kini ada 30 Anggota

Berawal dari Hobi, Club Fortress Chooper Kini ada 30 Anggota

--

INFORADAR.ID -  Tingginya minat seni anak muda memodifikasi (Cuctom) kendaraan roda dua membuat komunitas motor Chopper bermunculan di Kota Tangerang.

Salah satunya adalah  komunitas Fortress Chooper yang berlokasi di, Grendeng, Karawaci Kota Tangerang.

Founder Fortress Chooper Erly Eko Nur P mengatakan, komunitas Fortress Chooper di Kota Tangerang pertama kali terbentuk pada 3 tahun lalu. Dimana saat ini anggota Fortress Chooper telah mencapai 30 orang.

Adapun latar belakang berdirinya komunitas tersebut terbentuk dari para anggotanya yang hobi memodifikasi motor di bawah 250 CC menjadi motor chopper.

"Awal mulanya karena hobi sama chopper, terus pada ngumpul. Kebetulan semua anggota punya hobi yang sama," ujar pria yang akrab disapa Jawa ini  Minggu 10 September 2023.

Jawa mengatakan, modifikasi motor standar menjadi sebuah motor chopper dapat menelan dana sebanyak Rp 20 jutaan. Hal itu bisa lebih mahal lagi jika pemilik kendaraan menginginkan detail yang rumit.

Untuk pengerjaan modifikasi, dapat dilakukan paling cepat lima bulan. Hal itu tergantung pada ketersediaan part kendaraan kerumitan detail model chopper yang diinginkan.

"Kami mengutamakan kualitas. Bisa dilihat dari frame yang digunakan dan hasil las pada motor," tambahnya.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat dengan Komunitas SAN Chapter Serang

Menurutnya, mengcustom kendaraan bukan lah sebuah tindakan kriminal. Hal itu disebabkan, selama proses pengerjaan tidak ada duplikasi pada nomor rangka dan nomor mesin kendaraan.

Alhasil, motor pun aman saat akan dilakukan perpanjang pajak kendaraan di kantor Samsat.

"Selama ini aman aman saja ya. Karena kita tidak menduplikasi dan tidak ada unsur pemalsuan. Masih bisa kok dilakulan pembayaran pajak," tambahnya.

Sekadar diketahui, modifikasi motor chopper memiliki ciri khas yang dapat dilihat langsung pada bagian stang yang umumnya berukuran tinggi. Motor chopper booming saat 1960 an.

Di Indonesia, motor chopper digemari oleh Presiden Joko Widodo. Pria yang akrab disapa Jokowi tersebut juga diketahui beberapa kali menggunakan motor chopper untuk sidak ke berbagai daerah. Salah satunya  ke Sukabumi. (*)

BACA JUGA:Mengenal Sagoler, Komunitas Gojek yang Hits di Rangkasbitung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: