Usai Jadi Tuan Rumah KTT ASEAN, Jokowi Terbang ke India Hadiri KTT G20

Usai Jadi Tuan Rumah KTT ASEAN, Jokowi Terbang ke India Hadiri KTT G20

Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana bertolak menuju New Delhi, India dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat, 8 September 2023. Foto: BPMI Setpres -----

INFORADAR.ID --- Baru saja usai menggelar hajat sebagai tuan rumah KTT ASEAN ke-43 di Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) terbang ke News Delhi, India untuk mengikuti KTT G20. 

Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana Jokowi bersama rombongan lepas landas dari Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat, 8 September 2023, sekitar pukul 14.45 WIB.

Di New Delhi, India, Presiden Jokowi akan menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. 

Di sela-sela mengikuti serangkaian acara KTT G20, Presiden Jokowi diagendakan untuk melaksanakan sejumlah pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin negara G20. 

Sebelumnya, usai rangkaian KTT ASEAN ke 43, Presiden Jokowi dalam keterangan pers di JCC, Jakarta menyebut, sejumlah komitmen yang akan dibawa oleh Indonesia dalam gelaran KTT G20 tersebut diantaranya mengenai stabilitas dan perdamaian.

"Besok siang saya akan menghadiri G20 Summit di News Delhi, India dan saya akan berkomitmen untuk menyampaikan bahwa stabilitas dan perdamaian adalah kunci dari kemakmuran bahwa dunia membutuhkan safe house,” kata Jokowi, Kamis, 7 September 2023 sebagaimana dilansir dari laman setkab.go.id. 

Titik berat lainnya, kata Jokowi, adalah kolaborasi dan kerja sama juga perlu diprioritaskan. Jokowi menegaskan bahwa Indonesia akan berkomitmen untuk terus menyuarakan kepentingan negara-negara berkembang.

"Jadi kuncinya, kolaborasi kerja sama itu harus diutamakan, dan kita akan terus menyuarakan kepentingan negara berkembang terkait inklusifitas dan hak-hak untuk mensejahterakan rakyatnya, termasuk di dalamnya industrial down streaming,” tegasnya. 

Ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju New Delhi adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Turut melepas keberangkatan Presiden Jokowi adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar

 

Editor: M Widodo

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: