Ini Dua Fitur Penting di Aplikasi Cek Bansos yang Harus Kamu Tahu

Ini Dua Fitur Penting di Aplikasi Cek Bansos yang Harus Kamu Tahu

Tampilan aplikasi cek bansos-Tangkapan layar Aplikasi Cek Bansos di Play Store-

INFORADAR.ID - Aplikasi Cek Bansos merupakan sebuah aplikasi berbasis digital yang akan memudahkan masyarakat untuk  mengetahui apakah mereka menjadi penerima Bansos ataupun tida. 

Bahkan dalam Aplikasi Cek Bansos juga memiliki dua fitur yang hadir dan dapat meningkatkan ketepatan sasaran penyaluran bansos kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Dua fitur dalam aplikasi Cek Bansos itu ialah fitur "Usul" dan juga "Sanggah" yang dapat dilakukan langsung oleh masyarakat yang ID nya telah terdaftar dan dan diverifikasi oleh admin Kementrian Sosial (Kemensos). 

Fitur usul sendiri dapat memungkinkan pemilik ID atau pengguna aplikasi dapat mendaftarkan dirinya, saudara atau bahkan tetangga yang masuk dalam kriteria penerima bantuan dalam lingkup satu desa untuk didaftarkan sebagai penerima Bansos dengan mengklik tombol tambah usulan. 

Tak hanya itu, fitur sanggah juga dapat digunakan untuk melakukan koreksi data apabila ada bantuan yang tidak tepat sasaran.

Maka pemilik ID yang berada dalam satu desa dapat mengirimkan tanggapan kelayakan dengan cara memilih icon, mengisi alasan, pernyataan, lalu mengirim tanggapan.

Kehadiran dua fitur tersebut tentunya dapat membantu pemerintah dalam mengelola data-data dan memastikan bantuan Bansos dapat disalurkan dengan tepat sasaran.

BACA JUGA:Apakah Anda Termasuk Penerima Bansos Kemensos Rp750 Ribu, Yuk Pastikan di cekbansos.kemensos.go.id 

Nantinya, setiap usulan ataupun sanggahan yang disampaikan oleh masyarakat dalam aplikasi tersebut akan masuk di dashboard aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) user supervisor di Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten atau Kota. 

Pada menu tersebut supervisor kabupaten atau kota harus melakukan verifikasi terhadap data dalam tabel yang tampil berdasarkan usulan ataupun sanggahan yang disampaikan oleh masyarakat. 

Melalui data tersebut Dinsos lalu akan melakukan verifikasi secara mendalam dengan mengecek kesesuaian informasi yang disampaikan dengan kondisi yang sebenarnya di lapangan. 

Lalu apabila data hasil verifikasi itu telah disetujui, akan dikirimkan ke dalam usulan baru di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui aplikasi sistem SIKS-NG online yang disertai surat pengesahan dari kepala daerah untuk diproses dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Sosial.

Bagaimana mudah bukan untuk melakukan usulan ataupun sanggah dalam aplikasi cek bansos?. 

Nah bagi anda yang ingin menginstal aplikasi cek bansos dapat mengunduh melalui Play Store di smartphone berbasis Android dengan nama Aplikasi Cek Bansos, dengan memastikan pengembang aplikasinya adalah Kementerian Sosial Republik Indonesia untuk menghindari aplikasi tiruan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: