Tegas, Zaki Minta Camat Cegah Pembakaran Sampah

Tegas, Zaki Minta Camat Cegah Pembakaran Sampah

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat diwawancarai awak media-Mulyadi-

INFORADAR.ID - BUPATI Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meminta seluruh camat untuk memantau wilayahnya dari upaya pembakaran sampah. Hal tersebut diungkapkan saat Bupati Zaki saat memimpin rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terkait masalahan polusi di wilayah Kabupaten Tangerang yang digelar di GSG Puspemkab Tangerang, Senin 4 September 2023.

"Saya minta seluruh camat untuk memantau wilayahnya karena bukan hanya di Sindang Jaya saja terjadi pembakaran sampah, di Cikupa, Curug, Legok, Kelapa Dua, bahkan Cisauk juga ada," ujar Bupati Zaki.

Selain itu kata Zaki, di sepanjang Sungai Cisadane juga terjadi kasus pembakaran sampah. Untuk itu, dia meminta semua pihak bersinergi dan berkolaborasi menangani pembakaran sampah yang marak terjadi.

"Silakan koordinasikan dengan Polsek, Koramil dan Babinsa dalam rangka penegakan hukumnya. Mohon nanti juga Kapolres untuk mempersiapkan kalau yang sudah diberikan SP (surat peringatan-red) 3 kali tapi masih bandel juga, rasanya harus terpaksa kita lakukan penindakan tegas lainnya," ungkapnya.

Selain masalah pembakaran sampah, Zaki juga menyebut bahwa transportasi masih menjadi faktor dominan menghasilkan emisi gas buang paling tertinggi, diikuti oleh faktor industri, pemukiman dan lapak-lapak sampah yang biasanya dibakar pada malam hari.

"Pada saat malam ketika oksigen sedang rendah itu yang berbahaya. Penting juga kita berikan sosialisasi kepada masyarakat untuk memberikan laporan kepada petugas terkait lokasi pembakaran sampah," ucapnya.

Terkait ganjil genap, Bupati Zaki akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Tangerang dan Pemkot Tangerang Selatan terkait hal itu.

"Karena untuk ganjil genap ini adalah kendaraan yang akan menuju DKI Jakarta,"kata  Zaki.

Dirinya juga mengingatkan kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan Perangkat Daerah untuk mengantisipasi dan mewaspadai berbagai perkembangan situasi saat ini seperti polusi dan inflasi.

"Masalah polusi udara, kemudian juga antisipasi inflasi, apabila terjadi akibat dari kenaikan BBM. Ini sangat penting sekali karena di semester kedua di bulan September ini banyak kegiatan yang harus dilakukan," pungkas Bupati Zaki

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Tangerang Agus Suryana juga mengimbau kepada masyarakat agar melaporkan pembakaran sampah atau sejenisnya di sembarang lahan tanpa izin. 

Sebab katanya, petugas bisa menindaklanjuti laporan itu dan memberikan teguran kepada pelaku karena rentan memicu kebakaran. Selain itu, Agus juga meminta pemerintahan desa maupun kecamatan agar melakukan sosialisasi dan pengawasan terhadap warganya yang melakukan pembakaran di area lahan. 

"Kita harus waspada terhadap potensi kebakaran, terlebih pada musim kemarau seperti sekarang ini," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: