Wow! KUR Bank Mandiri Sediakan Pinjaman hingga Rp100 Juta Tanpa Agunan

Wow! KUR Bank Mandiri Sediakan Pinjaman hingga Rp100 Juta Tanpa Agunan

KUR Bank Mandiri menyediakan pinjaman sampai Rp100 juta tanpa agunan.-Tangkapan layar website Bank Mandiri-

INFORADAR.ID – Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Mandiri menyediakan pinjaman sampai dengan Rp100 juta tanpa agunan. KUR itu diperuntukkan bagi pengusaha mikro.

KUR Bank Mandiri sendiri adalah kredit atau pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada individu atau perseorangan skala UMKM yang produktif dan layak, tapi belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahannya belum cukup. 

Namun, untuk mengajukan KUR di Bank Mandiri, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Yakni Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM); UMKM dari anggota keluarga dari karyawan / karyawati yang bepenghasilan tetap atau bekerja sebagai pekerja migran Indonesia (PMI). 

UMKM dari PMI yang pernah bekerja di luar negeri;  UMKM di wilayah perbatasan dengan negara lain; dan UMKM pensiunan Pegawai Negeri Sipil, Tentara Nasional Republik Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia dan / atau pegawai pada masa persiapan pensiun.

Selain itu, kelompok UMKM yang meliputi Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Gabungan Kelompok Tani dan Nelayan (Gapoktan), atau Kelompok usaha lainnya juga dapat mengajukan KUR di Bank Mandiri. 

Tak hanya itu, UMKM dari pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja; Calon PMI yang akan bekerja di luar negeri, dan/ atau Calon peserta magang di luar negeri juga bisa mengakses KUR Bank Mandiri. Bahkan, ibu rumah tangga yang menjalankan UMKM.

Penyaluran KUR diprioritaskan pada Sektor Produksi meliputi sektor yang menambah jumlah barang dan/atau jasa pada sektor pertanian, perburuan, dan kehutanan; sektor kelautan dan perikanan; sektor industri pengolahan; sektor konstruksi; sektor pertambangan garam rakyat; sektor pariwisata; sektor jasa produksi; dan/atau sektor produksi lainnya.\

Ada beberapa jenis KUR yang disediakan Bank Mandiri, tergantung limit kreditnya. Limit kredit sampai dengan Rp10 juta disebut KUR Super Mikro dengan suku bunga 3 persen efektif per tahun. 

Kemudian ada juga KUR Mikro dengan limit kredit Rp10 juta sampai Rp100 juta dengan suku bunga 6 persen efektif per tahun apabila baru kali pertama menerima KUR. 

Ada juga KUR Kecil dengan limit kredit Rp100 juta sampai Rp500 juta dengan suku bunga 6 persen apabila baru pertama kali menerima KUR. Selanjutnya, ada KUR PMI/TKI dengan limit kredit maksimal Rp100 juta dan suku bunga 6 persen efektif per tahun. 

Terakhir ada KUR Khusus dengan limit kredit sampai Rp500 juta dengan suku bunga 6 persen efektif per tahun.

Dari lima jenis KUR Bank Mandiri, ada tiga yang hanya menggunakan agunan pokok berupa usaha atau obyek yang dibiaya dan tanpa agunan tambahan, yakni Super Mikro, Mikro, dan PMI/TKI. 

Sedangkan KUR Kecil dan KUR Khusus menggunakan agunan tambahan berupa tanah atau bangunan atau kendaraan bermotor.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Cabang/Unit Mikro Bank Mandiri terdekat. Program ini berlaku sampai 31 Desember 2023. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: