Gak Selalu Indah, Drama Korea Ini Ungkap Sisi Gelap Korea Selatan

Gak Selalu Indah, Drama Korea Ini Ungkap Sisi Gelap Korea Selatan

Salah satu adegan drama Korea The Glory--instagram/ @netflixkr

INFORADAR.ID - Drama Korea sekarang hadir dalam berbagai genre seperti romansa, aksi, fantasi, dan kedokteran.

Dan banyak orang percaya bahwa kehidupan Korea seindah yang terlihat di drama Korea. Namun, kehidupan nyata tidaklah seindah itu.

Dan beberapa drama Korea ini menunjukkan sisi gelap kehidupan masyarakat Korea.

Cekidot~

SKY Castle

SKY Castle merupakan drama yang booming pada tahun 2018. Bercerita tentang empat keluarga yang tinggal di apartemen elit dan bertetangga satu sama lain. 

Keempat keluarga tersebut memiliki tujuan yang sama dan secara diam-diam bersaing untuk memasukkan anak-anak mereka ke universitas paling bergengsi di Korea Selatan.

Untuk mencapai tujuan ini, para orang tua bersaing untuk mendapatkan tempat les terbaik, mencuri soal ujian, dan melakukan apa pun. Dalam drama Korea ini, kamu dapat melihat betapa terobsesinya para orang tua terhadap pendidikan.

Anak-anak juga bekerja keras karena persaingan yang ketat. Bahkan anak-anak tidak melakukan hal-hal yang mereka sukai untuk menjadi yang pertama di sekolahnya. Ini bukan hanya fiksi, tapi sebuah cerita yang didasarkan pada kehidupan nyata di Korea Selatan.

The Glory 

The Glory adalah kisah seorang gadis SMA bernama Moon Dong-eun. Moon Dong-eun adalah korban bullying yang parah. Sehingga balas dendam pun menghantuinya.

Perundungan yang menimpanya membuat Moon Dong-eun memutuskan untuk membalas dendam atas sakit hatinya. Ia ingin melakukan hal yang sama kepada semua orang yang telah merundung, menyakiti dan menghancurkan saat sekolah.

Target utamanya untuk membalas dendam adalah Park Yong-jin. Saat masih SMA, Yong-jin adalah siswa kaya yang suka menyiksanya. Bersama teman-temannya, ia sering menuduh Dong-eun, memukulinya, mengurungnya di ruang olahraga dan membakar kaki dan tangannya dengan api.

Tahun demi tahun berlalu. Bahkan ketika ia beranjak dewasa dan mulai bekerja, kebencian yang membara di dalam jiwa Dong-eun tidak hilang. Setelah mengumpulkan uang untuk sementara waktu, Dong-eun mengatur dan merencanakan pembalasan dendamnya.

Perundungan yang digambarkan dalam drama Korea The Glory diadaptasi dari kisah nyata. Salah satu insiden perundungan melibatkan pembakaran lengan korban. Insiden ini terjadi pada bulan Mei 2006 di sebuah sekolah menengah atas perempuan di Cheongju, Chungcheongbuk-do.

Kisah aslinya dikatakan lebih buruk lagi. Korban dipukuli dengan tongkat dan bahkan dicakar di bagian dada dengan jepit rambut. Korban juga dilaporkan menderita tulang ekor yang menonjol dan luka bakar parah yang mengharuskannya dirawat di rumah sakit selama satu setengah bulan.

BACA JUGA : Drama Korea Moving Habiskan Biaya Produksi 574 Miliar, Jadi Drama Superhero Korea Tersukses

Misaeng

Drama Misaeng bercerita tentang master catur Jang Gurae yang dipaksa pensiun dini karena satu dan lain hal. Ia meninggalkan dunia yang dicintainya dan mencoba mencari pekerjaan seperti orang lain.

Melalui seorang teman, dia diterima sebagai pekerja magang di sebuah perusahaan meskipun tidak memiliki gelar dan pengalaman kerja. Gurae mencoba beradaptasi dengan lingkungan barunya untuk mendapatkan pekerjaan yang stabil.

Meskipun ceritanya mungkin terlihat sederhana, namun hal ini menunjukkan bahwa meskipun telah menemukan pekerjaan impian mereka, ada banyak orang yang memutuskan untuk keluar dari pekerjaan mereka karena lingkungan kerja yang penuh dengan racun dan stres.

D.P

Drama Korea ini bercerita tentang seorang perwira polisi militer yang diberi tugas untuk menangkap desersi (tentara yang membelot). Drama ini juga berfokus pada kehidupan sehari-hari para tentara wajib militer, termasuk pelecehan mental dan fisik oleh tentara lain.

Sang sutradara Han Joon-hee mengatakan bahwa ia mencoba menceritakan kisah manusiawi tentang bagaimana sistem ini membuat para pembelot menjadi korban sekaligus penjahat.

Juga kerugian yang diderita oleh mereka yang terpaksa melakukan perburuan liar.

Celebrity

Drama Korea terakhir yang mengungkapkan tentang sisi gelap Korea Selatan adalah Celebrity.

Drama Korea ini berkisah tentang seorang wanita muda yang berjuang untuk menjadi selebriti populer berikutnya di dunia influencer Korea Selatan. 

Drama Korea ini menggambarkan sisi gelap, glamor, namun penuh skandal dari dunia influencer di Korea. 

Itulah beberapa drama Korea yang mengungkapkan sisi gelap kehidupan masyarakat Korea Selatan.(*)

BACA JUGA : 7 Drama Korea yang Bisa Membuat Anda Menangis Seperti Bayi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber