Kenali 4 Strategi Agar Tidak Menunda Pekerjaan

Kenali 4 Strategi Agar Tidak Menunda Pekerjaan

Potret beberapa pekerja yang sedang melakukan pekerjaan di lapangan.-pixabay/@borevina-

INFORADAR.ID – Menunda pekerjaan merupakan kebiasaan yang buruk dan bisa mengganggu produktivitas seseorang.

Tidak hanya itu, menunda pekerjaan juga bisa membuat kemajuan hidup seseorang yang tertunda, sehingga akan timbullah keterlambatan dalam pertumbuhannya.

Kebiasaan menunda pekerjaan yang dilakukan secara terus-menerus, sama halnya kita membuang-buang waktu kita yang seharusnya digunakan untuk mengerjakan tugas tersebut.

Jika terus-menerus menunda pekerjaan, hal itu dapat mengakibatkan stres, kegelisahan dan bahkan depresi yang bisa dialami oleh kita.

Dengan itu, penting bagi kita untuk belajar agar bisa menghentikan kebiasaan kita dalam menunda pekerjaan dan mulai mengembangkan kebiasaan produktif yang lebih baik.

Yuk, simak beberapa strategi yang bisa digunakan agar kita bisa menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan, berikut ini:

1. Cari Tahu Penyebab

Cobalah untuk mencari tahu sebab-akibatnya mengapa kita suka sekali menunda pekerjaan, apakah karena waktu yang sempit, kondisi badan yang tidak fit, atau hanya karena malas?

Setelah kita mengetahui penyebab kita menunda pekerjaan, cobalah untuk berusaha mencari solusi, mengapa kamu menunda pekerjaanmu.

Dengan itu, kita bisa berusaha untuk menata waktu kita agar kita tidak terbiasa untuk menunda pekerjaan.

2. Membuang Rasa Takut

Tidak jarang, rasa takut yang muncul akibat pekerjaan yang membuat kita menunda pekerjaan, karena pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan yang baru akan ditekuni.

Cobalah untuk memahami dengan baik apa yang akan kita kerjakan, baik sulit ataupun mudah pekerjaan yang akan dikerjakan itu. 

Bangunlah kepercayaan dirimu dan menyakinkan diri agar bisa mengerjakannya, semakin ditunda, semakin sulit untuk dikerjakan.

3. Membersihkan Gangguan

Gangguan yang sangat dekat kita saat ini, yakni dengan adanya telepon genggam atau handphone yang pastinya gemar dimainkan.

Seringkali ketika kita sudah berniat, namun sangat mudah terdistraksi oleh banyak hal dan tertuda sehingga batal untuk diselesaikan.

Dengan itu, jika sudah terdapat jadwal untuk mengerjakan pekerjaan, hindari hal-hal yang sekiranya dapat membuatmu malas mengerjakan tugas tersebut.

Cobalah untuk mengubah tata ruangmu agar kenyamanan area kerja kita bisa memberikan dukungan emosi dalam mengerjakan pekerjaan kita.

4. Membangun Motivasi

Salah satu cara untuk menghentikan kebiasaan menunda pekerjaan, kita bisa mencari Motivasi diri.

Dengan mendapatkan Motivasi, kita bisa menjadi lebih fokus dan lebih produktif dalam mengerjakan tugas yang harus segera diselesaikan.

Alasan kuat yang bisa dijadikan Motivasi yang salah satunya adalah karena ketakutan gagal atau karena takut membuat orang lain kecewa.

Nah, itulah beberapa strategi yang bisa kita terapkan agar kita bisa menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan dan lebih terasa produktif.(*)

 

Siti Nursyhaidah Syabani, Mahasiswa PPL UIN SMH Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: