Mengenal Lebih Dekat dengan Komunitas SAN Chapter Serang

Mengenal Lebih Dekat dengan Komunitas SAN Chapter Serang

POTRET : Kegiatan Sekolah Anak Nusantara di SDN Kampung Baru, Petir, Kabupaten Serang-pict/sanchapterserang-

INFORADAR.ID - Komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) merupakan salah satu Komunitas nasional yang juga tersebar di 72 kota (chapter) yang ada di Indonesia, termasuk di Kota Serang yang bernamakan SAN Chapter Serang.

Komunitas ini didirikan secara resmi pada hari Minggu, tanggal 5 Mei 2019 oleh Ali Nastain, selaku inisiator dan ketua umum pusat SAN pertama serta kedua temannya, Putri dan Marich. 

Sedangkan SAN Chapter Serang, resmi didirikan pertama kali pada bulan April 2021 lalu dengan beranggotakan 9 orang yang diketuai oleh Siti Nursyhaidah Syabani sebagai koordinator pertama SAN Chapter Serang.

Tidak lama dari itu, kemudian SAN Chapter Serang melakukan perekrutan anggota mencapai 36 anggota dengan 4 divisi berbeda, Divisi Internal, Divisi Content Creator, Divisi Humas serta Divisi Pemberdayaan Sosial dan Masyarakat (PSDM).

Hingga saat ini, Komunitas SAN Chapter Serang terus berkembang atas adanya regenerasi dan estafet kepengurusan yang kini dipegang oleh Uyat Hidayat selaku koordinator di tahun 2023 dengan beranggotakan mencapai kurang lebih 60 orang volunteer.

Pada tahun ini juga, terdapat perubahan divisi menjadi 5 divisi yang berbeda, seperti Divisi Humas, Divisi Pemberdayaan Sumber Daya Organisasi (PSDO), Divisi Program and Development, Divisi Media Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) dan Divisi Volunteer.

Tujuan didirikannya Komunitas ini sebagai wadah agar generasi muda Indonesia mempunyai jiwa sosial tinggi untuk bergerak dan beraksi bersama berkolaborasi dalam satu visi dan misi.

Senyum Anak Nusantara (SAN) merupakan sebuah Komunitas sosial berbasis volunteer yang menitik beratkan pada anak-anak sebagai objek dengan misi utama 3M (Memotivasi, Mengisnpirasi serta Mengedukasi) anak-anak sekitar.

Adapun Visi dan Misi SAN Chapter Serang yang bersandarkan pada ketentuan pusat, yakni:

Visi

Menjadi organisasi mandiri yang mampu menumbuhkan jiwa sosial generasi muda Indonesia untuk mengabadikan diri dalam rangka menginspirasi anak-anak negeri.

Misi

- Mengadakan kegiatan sosial secara berkala ke daerah pinggiran.

- Mengajak generasi muda Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam program pengabdian masyarakat.

- Menyatukan elemen masyarakat tempat pengabdian dengan relawan sebagai upaya meningkatkan kapasitas diri.

- Menginspirasi, Memotivasi serta Mengedukasi anak-anak negeri.

Terdapat beragam program kegiatan yang ada di Komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) ini, terlebih di Chapter Serang dengan program yang unggul dan bernilai positif.

Program kegiatan besar yang sebelumnya telah dilaksanakan beberapa waktu lalu pada hari Minggu (04/06/23) yang bernama Seribu Senyum Nusantara (SSN) di mana program tersebut merupakan program yang diadakan untuk menghibur dan mengedukasi anak-anak panti asuhan di Yayasan Al-Kahfi, Serang yang juga melakukan santunan anak yatim.

Program kegiatan lainnya yang tentu mengarah pada anak-anak akan hadir sebagai program yang rutin diadakan pada setiap tahunnya sebagai bentuk dukungan dan kepedulian terhadap masyarakat luas.

Segala bentuk program kegiatan ini tentunya sangat diterima dengan baik oleh masyarakat, sehingga hal itu menjadi salah satu semangat bagi para volunteer untuk terus memacu pergerakan yang lebih baik lagi ke depannya.

Angga Murodatullah, selaku demisioner koordinator tahun 2022 mengungkapkan harapannya terhadap Komunitas SAN Chapter Serang ini untuk kedepannya.

"Saya harap SAN ini bisa lebih baik lagi ke depannya dengan segala macam perubahan yang tentunya membawa dampak positif bagi masyarakat terutama bagi anak-anak sekitar," jelas Angga.

Siti Nursyhaidah Syabani, Mahasiswa PPL UIN SMH Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: