Yakin Masih Mau Pakai Narkoba? Kenali Bahaya dan Dampak Terbesarnya

Yakin Masih Mau Pakai Narkoba? Kenali Bahaya dan Dampak Terbesarnya

Ilustrasi potret obat-obatan terlarang.-@freepik-

INFORADAR.ID - Narkoba merupakan salah satu obat-obatan terlarang yang harus dihindari oleh siapa saja.

Narkoba menjadi barang yang illegal untuk diperjualbelikan baik oleh individu ataupun toko bagi masyarakat luas.

Banyak penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh orang-orang terlebih bagi kalangan muda, sehingga terdapat banyak efek negatif yang dirasakan oleh diri mereka pribadi dan juga bagi lingkungannya.

Adapun apabila sudah menjadi pecandu narkoba, ini akn sangat sulit ditangani dan memerlukan jangka waktu yang cukup lama agar sembuh dan kembali seperti sedia kala.

Perhatikan dampak negatif narkoba, baik secara individu dan juga masyarakat.

Dampak Terhadap Individu

1. Ketergantungan pada narkoba

Jika seseorang sekalinya mengkonsumsi narkoba, maka akan dipastikan orang tersebut bisa menjadi ketergantungan pada narkoba dan harus terus-menerus mengonsumsi narkoba yang sangat akan membahayakan tubuh.

2. Kerusakan pada fisik dan mental

Sudang sangat dipastika bagi pengonsumsi narkoba ini akan mengalami rusak fisik dan mental. 

Hal ini terjadi karena seringnya mengonsumsi narkoba yang menyebabkan perubahan fisik yang akan terlihat semakin pucat dan badan yang kurus dengan bibir pucat keunguan bagi yang sudah akut.

Tidak hanya perubahan fisik, mental pengonsumsi narkoba akan berubah dtastis menjadi lebih agresif dan tampak seperti orang yang linglung akibat teler dari obat-obatan terlarang yang dikonsumsinya.

3. Penurunan produktivitas

Jika kedua dampak di atas sudah dirasakan, maka pengguna narkoba akan cenderung berdiam diri tidak akan melakukan aktivitas apapun. Dirinya hanya akan sibuk dengan dunianya sendiri tanpa memperhatikan dirinya.

BACA JUGA:Dijamin Makin Nyenyak, Ini 4 Manfaat Tidur Tidak Memakai Bra

Dampak Terhadap Lingkungan Sekitar

1. Kejahatan dan Kekerasan

Kejahatan di lingkungan sekitar passti akan terjadi, karena pengonsumsi narkoba tersebut tidak sepenuhnya bisa mengendalikan diri sendiri, sehingga yang difikirkannya hanya kesenangan semata.

2. Kerusakan sosial dan keluarga

Perubahan sikap yang terjadi pada pengonsumsi narkoba tentunya membawa dampak buruk. Karena sikap yang lebih agresif dan akan cenderung acuh terhadap keluarga dan kehidupan sosialnya.

Hal tersebut tentunya akan merusakan hubungan dirinya pribadi dengan lingkungan sekitar sehingga akan terjadi perpecahan dalam keluarga dan sosial.

3. Beban sosial dan ekonomi

Pengonsumsi narkoba tentunya akn menjadi beban bagi lingkukannya, karena banyaknya dampak yang sudah disebutkan sebelumnya sehingga akan membuat keresahan bagi kehidupan masyarakat.

Tidak hanya itu, kebutuhan dirinya untuk mengonsumsi narkoba tentunya memerlukan biaya yang tidak seidkit. Harga yang mahal itu menjadi tuntutan mereka untuk mendapatkan biaya untuk membeli narkoba.

Mengonsumsi narkoba itu tentunya sangat merugikan bagi diri pribadi dan lingkungannya karena efek buruk yang terjadi sehingga hal tersebut harus sangat diwaspadai bagi siapa saja.(*)

BACA JUGA:5 Masalah Kesehatan yang Dianggap Sepele dan Memiliki Besar Bagi Kehidupan Sehari-hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: