Punya Masalah Sama Tidur? Kenali Beberapa Permasalahannya

Punya Masalah Sama Tidur? Kenali Beberapa Permasalahannya

Potret seseoranag yang memiliki gangguan tidur.-pixabay/@pexels-

INFORADAR.ID, - Tidur merupakan salah satu kebutuhan kita untuk mengumpulkan energy agar tubuh kita terasa lebih segar, namun apabila kita mengidap gangguan tidur, justru itu akan memperburuk kondisi tubuh kita.

Gangguan tidur biasanya akan dirasakan oleh banyak orang ketika dalam keadaan stress dan banyak fikiran sehingga jam tidur kita yang kurang teratur.

Ternyata, terdapat beberapa gangguan tidur yang akan sangat mengganggu kesehatan tubuh tanpa kita sadari, akibat waktu tidur yang tidak seperti seharusnya kita dapatkan.

Adapun beberapa gangguan tidur yang kerap kali dialami oleh kita, antara lain:

1. Insomnia

Insomnia merupakan konsidi di mana kita akan merasa sulit untuk tidur atau butuh waktu yang sangat lama agar kita bisa tertidur. Gangguan ini sepertinya sudah tidak asing lagi didengar, bukan?

Penyebab gangguan tidur yang satu ini biasanya terjadi karenan kecemasa berlebih, stress, akibat hormonal dan kebiasaan sebelum tidur yang kurang baik.

BACA JUGA:Jangan Ditahan, Ini Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh

2. Hipersomnia

Gangguan tidur yang satu ini merupakan kebalikan dari insomnia. Orang dengan gangguan ini, akan selalu merasa sangat mengantuk di siang hari dan menyebabkan dia jadi lebih sering tertidur.

Hypersomnia ini menjadi salah satu pertanda bahwa kamu mengalami depresi atau bornout karena overwork atau karena aktivitas yang berlebih.

3. Parasomnia

Nah, gangguan yang satu ini biasanya sering sekali dialami oleh banyak orang, namun saja kita baru mengenalnya.

Parasomnia ini di mana terjadinya gerakan atau perilaku abnormal selama tidur, seperti mengigau, sleep walking, menggertakan gigi dan lain gerakan lainnya.

Penyebabnya abibat dari kelelahan atau dampak dari aktivitas yang dilakukan sebelum tidur, sehingga terjadilah parasomnia.

Nah, itulah 3 istilah gangguan tidur yang mungkin sudah sering kita dengar, bahkan baru pertama kali terdengar.

Untuk mengatasi gangguan tidur di atas, kita bisa mencegahnya dengan cara sering berolah raga, meminum the herbal, memasang lilin aroma terapi, dan hindari untuk bergadang di malam hari.

Beberapa cara di atas dapat kita gunakan agar tidur kita lebih nyenyak tanpa mengalami gangguan tidur yang menghambat waktu istirahat kita.(*)

BACA JUGA:Tips Mencegah Kesulitan Tidur Bagi Kamu Kaum Insomnia Wajib Perhatikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: