Simak! Tanggal Pelunasan BIPIH Kuota Tambahan Jemaah Haji

Simak! Tanggal Pelunasan BIPIH Kuota Tambahan Jemaah Haji

Suasana ibadah umroh di Mekkah. Indonesia mendapat kuota tambahan ibadah haji, dan pelunasan biaya BIPIH tanggal 8 - 12 Juni 2023. Foto: Tangkapan layar PMJ News/Etty -----

INFORADAR.ID --- Mendapat kuota tambahan 8.000 jemaah haji, Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) dibuka tanggal 8 - 12 Juni 2023.

Dibukanya pelunasan BIPIH untuk kuota tambahan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) yang ditandatangani langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Keppres terkait hal itu adalah Keppres No 12 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Keppres No 7 Tahun 2023 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 1444 H/2023 M yang bersumber dari BIPIH dan Nilai Manfaat. 

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab mengatakan Keppres tentang pelunasan untuk kuota tambahan dibuka tanggal 8 - 12 Juni 2023 dan ditandatangani Presiden Jokowi. 

Sebagaimana diketahui, Kemenag mengumumkan bahwa Indonesia mendapat tambahan jemaah haji sebesar 8.000. Tambahan tersebut sudah masuk ke dalam sisten e-Hajj, yaitu aplikasi pemvisaan Arab Saudi.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyatakan bahwa Kemenag masih menunggu surat resmi dari pemerintah Saudi Arabia. Setelah itu, baru akan dibahas dengan DPR RI. 

"Jadi kuota tambahan mulai hari ini sudah terkonfirmasi masuk ke dalam e-Hajj. Jumlah mencapai 8.000 jemaah. Sekarang kita menunggu surat resmi dari pemerintah Arab Saudi. Kemudian setelah surat diterima, kita akan membahasnya dengan DPR RI," kata Menag, Minggu, 7 Mei 2023 sebagaimana dilansir dari laman PMJ News. 

Menag mengemukakan dengan adanya kuota tambahan jemaah haji, Kementerian Agama akan segera melakukan komunikasi intensif dengan berbagai pihak, termasuk dengan Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi. 

 

Editor: M Widodo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: