Biar Motor Lebih Ngacir, Begini Cara Servis CVT Motor Matic

Biar Motor Lebih Ngacir, Begini Cara Servis CVT Motor Matic

Ilustrasi cara servis CVT motor matic agar tarikan jadi lebih ngacir-freepik.com-

Mekanisme CVT digerakkan oleh gaya sentrifugal roller ketika mesin berputar. Secara visual, jika roller memiliki bentuk yang tidak biasa atau penyok, itu adalah tanda bahwa roller perlu diganti.

Suara bising yang tidak biasa yang berasal dari dalam CVT depan juga dapat menjadi tanda bahwa roller pemberat tidak dalam kondisi baik.

Kampas Kopling Matic

Kampas kopling matic harus diperiksa secara teratur sesuai dengan program perawatan rutin. Interval pemeriksaan adalah setiap 8000 km untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin 150 cc atau kurang dan setiap 12000 km untuk kapasitas mesin di atas 150 cc.

Indikasi bahwa kampas kopling sudah harus diganti juga dapat dirasakan saat motor berakselerasi. Ketika tuas gas diputar, akselerasi sepeda motor terasa lebih lambat. Bahkan saat mesin berjalan pada kecepatan tinggi.

Untuk memperpanjang usia CVT Anda, perhatikan tindakan pencegahan berikut ini

  1. Ketika berhenti di tanjakan, jangan gunakan gas atau putaran mesin yang tinggi untuk menghentikan laju sepeda motor agar tidak meluncur ke belakang.
  2. Gunakan rem depan untuk menghentikan laju sepeda motor agar tidak meluncur mundur.
  3. Periksa secara teratur dan lebih sering jika sepeda motor sering melewati daerah basah atau berdebu.
  4. Katrol penggerak harus diperiksa dan dibersihkan secara teratur dan komponen CVT lainnya harus diperiksa setidaknya setiap 8000 km. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: astra-honda.com