Dibongkar, Ruko di Pluit Ditertibkan Satpol PP

Dibongkar, Ruko di Pluit Ditertibkan Satpol PP

Viral Saat Cekcok, Ketua RT Pluit Bongkar Ruko yang Makan Bahu Jalan dan Saluran Air-Tangkapan layar Youtube KompasTV-

INFORADAR.ID - Ruko di Pluit daerah Penjaringan, Jakarta Utara pada Rabu lalu 24 Mei 2023 dibongkar paksa oleh petugas Satpol PP DKI Jakarta.

Sebelumnya telah viral di media sosial video yang memperlihatkan cekcok antara Ketua RT 11 dan pemilik salah satu ruko blok Z daerah Pluit, Jakarta Utara. Cekcok keduanya tak terhindarkan lantaran ketika ketua RT menanyakan sertifikat dan izin usaha ruko.

Ketua RT itu menanyakan dokumen resmi lantaran pemilik ruko di blok tersebut malah memakan bahu jalan dan membuat kemacetan kendaraan. Lebar jalan yang seharusnya 18 meter hanya tersisa 7 meter saja.

Sebelumnya Pemprov Jakarta sudah memberikan waktu 4 hari untuk membongkar mandiri ruko-ruko yang memakan bahu jalan dan juga saluran air di daerah tersebut.

Setelah 4 hari, nyatanya masih banyak pemilik ruko yang nakal dan tidak mau membongkar mandiri, hanya 4 ruko yang bersedia. Sebagai tindakan disiplin, akhirnya Satpol PP membongkar paksa.

Pembongkaran hari pertama dilakukan pada Rabu 24 Mei 2023, sedangkan sisanya akan dibongkar keesokan harinya pada Kamis 25 Mei 2023.

Pembongkaran tidak hanya dilakukan pada lantai ruko saja, tetapi atap ruko yang tidak sesuai standar juga ikut dibongkar oleh Satpol PP.

Ketua Satpol PP DKI Jakarta, Arifin memberikan keterangan bahwa ppembongkaran ini dilakukan demi mengembalikan fungsi jalan, fungsi saluran air, dan fungsi bangunan sesuai dengan ketentuan. Arifin juga menerangkan ada lebih dari 20 ruko yang akan didisiplinkan.

Ketika pembongkaran dilakukan, sekelompok orang yang mengaku pemilik dan karyawan ruko melangsungkan aksi demo sebagai penolakan kebijakan Pemprov Jakarta Utara.

Selain demo di kawasan ruko, mereka juga melakukan unjuk rasa ke kediaman ketua RT, Riang Prasetya dengan dalih menghalangi bisnis UMKM di ruko tersebut.

Sedangkan Ketua RT memberikan penegasan bahwa laporannya kepada Pemprov dan pembongkaran ruko merupakan bentuk dari ketegasan pemerintah DKI Jakarta.

"Jalan ini sumbangsih dari warga, saluran got warga yang sumbang untuk mengatasi banjir. Udah rapi begini kita sudah tata dengan bagus kenapa mau dihancurkan sama Pak RT?" ucap Very Gunawan salah satu pemilik ruko.

"Ini kan tempat kuliner, wajar kalau macet karena makanannya enak." tambahnya.

ketua RT 11 tersebut tidak tinggal diam, Riang memberikan balasan menohok bagi para pemilik ruko tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: tiktok @vic_6096