Tips Lengkap, Tetap Sehat dan Bugar Selama Ibadah Haji di Tanah Suci

Tips Lengkap, Tetap Sehat dan Bugar Selama Ibadah Haji di Tanah Suci

Tips Lengkap, Tetap Sehat dan Bugar Selama Ibadah Haji di Tanah Suci. Ilustrasi: Instagram @azoovic-Azoovic-

INFORADAR.ID - Haji merupakan salah satu rukun Islam yang kelima dan hukumnya wajib dilakukan sekali seumur hidup bagi setiap orang muslim yang sanggup.

Setelah sekali melakukan ibadah haji, seterusnya hukumnya menjadi sunnah. Rangkaian pelaksanaan ibadah haji yang panjang mengharuskan peserta haji untuk tetap sehat.

Agar tubuh tetap dalam kondisi yang bugar dan sehat, maka para jemaah haji wajib mempersiapkan beberapa hal sebelum berangkat ke Tanah Suci untuk melakukan ibadah.

Sebelum melaksanakan ibadah haji, seorang muslim harus menngetahui hal-hal yang berhubungan dengan ibadah haji seperti syarat, rukun, wajib, sunnah, dan larangan-larangan ketika melaksanakan ibadah haji.

Dikutip dari Kementerian Agama, haji adalah mengunjungi atau menziarahi Baitullah (Kakbah) dengan niat beribadah kepada Allah SWT dalam waktu yang telah ditentukan dan cara-cara yang sesuai dengan syariat.

Syarat haji ada 5 yaitu:

  • Islam
  • Baligh
  • Aqil / berakal
  • Merdeka
  • Isti,tah (mampu)

Larangan dan Anjuran dari Kemenag

Berikut adalah beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh jemaah haji agar ibadahnya berjalan lancar dan terhindar dari masalah yang tidak diinginkan selama di Tanah Suci. Berikut tips dan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan:

Foto kartu kamar dan ingat nama hotel. Biasanya jemaah haji yang sudah masuk dalam kategori lansia sulit mengingat sesuatu. Untuk menghindarinya jemaah haji harus mengambil foto kamar, jika perlu foto juga depan hotel.

1. Jangan Sendirian

Untuk mengurangi risiko terjadinya hal yang tidak diinginkan, Kemenag menyarankan para jemaah haji untuk tidak sendirian ketika hendak pergi ke suatu tempat.

2. Jangan Mengambil Barang Orang Lain

Bila menemukan sesuatu, jangan pernah diambil walaupun memiliki niat baik untuk mengembalikannya, biarkan saja di tempatnya. Selain itu banyak CCTV yang terpasang di Arab Saudi.

3. Jangan Merokok & Mengibarkan Spanduk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: upk.kemenkes.go.id