Selain Libatkan Pasukan Elit, TNI juga Kerahkan 9 Kapal Perang Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Selain Libatkan Pasukan Elit, TNI juga Kerahkan 9 Kapal Perang Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Selain Libatkan Pasukan Elit, TNI juga Kerahkan 9 Kapal Perang Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo. Foto: Puspen TNI -----

INFORADAR.ID --- Pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), 9 - 11 Mei 2023, selain melibatkan pasukan elit, juga melibatkan sedikitnya 9 (sembilan) kapal perang.

 

Ke sembilan kapal perang tersebut saat ini sudah siap di perairan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur untuk pengamanan tamu VVIP KTT ASEAN

 

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengerahkan 9 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) tersebut di perairan Labuan Bajo, NTT. 

Kapal perang tersebut tergabung dalam Satuan Tugas Laut (Satgasla) untuk mengamankan rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN yang berlangsung pada tanggal 9 hingga 11 Mei 2023 mendatang.

Dikutip dari laman FB Pusat Penerangan TNI, kapal perang yang disiagakan di perairan Labuan Bajo antara lain KRI dr Soeharso-990, KRI dr Wahidin Sudirohusodo-991, KRI Banjarmasin-592, KRI Diponegoro-365. 

Kemudian KRI Teluk Youtefa-522, KRI Sultan Nuku-373, KRI Terapang-648, KRI Tarakan-905 dan KRI Tongkol - 813. 

Adapun unsur-unsur Satgasla, selain sebagai unsur SAR, evakuasi VVIP, evakuasi medis, juga untuk menutup peluang kemungkinan adanya penyusupan ancaman keamanan yang datang dari dan lewat laut.

Salah satu KRI sanggup menangani emergensi medis yaitu KRI dr Wahidin Sudirohusodo-991 yang merupakan kapal bantu rumah sakit, setara rumah sakit Tipe B dengan peralatan medis yang cukup memadai.

KRI dr Wahidin Sudihusodo ini dapat menangani jika ada peserta KTT atau personel pengamanan yang sakit atau memerlukan penanganan medis.

Selain KRI tersebut, Satgasla juga mengerahkan armada tercanggihnya, yaitu Heli Panther untuk menangani evakuasi udara.

PASUKAN ELIT

Diberitakan sebelumnya, untuk mengamankan KTT ASEAN 2023, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada 9 - 11 Mei 2023, TNI dan Polri mengerahkan pasukan elitnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: