Prof Dr KH Ali Yafie Meninggal Dunia di RS Bintaro

Prof Dr KH Ali Yafie Meninggal Dunia di RS Bintaro

Ketua Umum MUI 1998-2000 Prof Dr KH Ali Yafie. Foto : Tangkapan layar laman MUI/ NUOnline -----

INFORADAR.ID --- Innalillahi wa inna illaihi rojiun. Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) peridode 1998 - 2000 Prof Dr KH Ali Yafie meninggal dunia, Sabtu, 25 Februari 2023 tadi malam pukul 22.13 WIB.

Prof KH Ali Yafie meninggal dunia setelah menjalani perawatan sementara karena sakit di RS Bintaro, Tangerang Selatan. 

Sosok Ali Yafie dikenal sebagai ulama senior yang menjadi panutan umat. Pernyataan atau statemen Ali Yafie selama menjabat sebagai Rais Aam PBNU 1991 - 1992 selalu menyejukkan dan nyaris tak ada yang kontroversi. 

Saat ini jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka Komplek Menteng Residence, Jalan Menteng V, Blok FC 5 Nomor 12, Sektor 7, Bintaro Jaya. 

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin pernah menjenguk KH Ali Yafie pada Kamis, 16 Februari 2023 di RS Bintaro. 

Wapres yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI mengatakan bahwa KH Ali Yafie merupakan ulama yang baik yang menjadi panutan dirinya. "Beliau adalah senior saya yang baik," kata Wapres asal Tanara, Kabupaten Serang ini sebagaimana dikutip inforadar.id dari laman mui.or.id, Minggu, 26 Februari 2023. 

"Saya bergaul lama dengan beliau dan beliau seorang alim ulama besar dan punya pengetahuan yang luas. Pengetahuannya tak hanya masalah-masalah keagamaan, tapi juga masalah-masalah kenegaraan, kebangsaan, kemasyarakatan dan saya kira jarang ulama sekaliber beliau yang keluasan ilmunya, dan juga keketuaannya yang patut menjadi contoh teladan,” kata Wapres.

Menutup keterangan persnya, Wapres kembali menekankan bahwa Kiai Ali Yafie merupakan sosok ulama yang memiliki ilmu sangat tinggi dan diperlukan bagi masyarakat di sekitarnya, juga bangsa dan negara.

"Kita memang sangat memerlukan keadaan beliau. Walaupun beliau sudah sepuh, tapi beliau sangat mempunyai pengaruh yang besar,” ujar dia. 

 

Editor: M Widodo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: