Tak Perlu ke Dukcapil, Begini Cara Mudah Download KTP dan KK

Tak Perlu ke Dukcapil, Begini Cara Mudah Download KTP dan KK

Ilustrasi KTP-Dok.Radar Banten-

INFORADAR.ID --- Lambat atau cepat di era digital ini seluruh dokumen pribadi seperti kartu tanda penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) nantinya tak melulu lagi berbentuk fisik seperti sekarang ini. 

Hal itu tak lepas dari perkembangan teknologi, sehingga dengan hanya menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) seluruh layanan bakal bisa terintegrasikan. Bahkan, sekarang kita tak perlu harus ke Dukcapil untuk men-download KTP dan KK. 

Sebab, KTP dan Kartu Keluarga resmi di Dukcapil bisa di-download melalui laman website Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Caranya dengan membuka atau mengunjungi Siak Online Adminduk

Tak hanya itu, berbagai layanan seperti BPJS, Perbankan, Kepegawaian, Pajak dan lainnya akan dapat terintegrasi atau diketahui dengan menggunakan NIK tersebut.

Siak merupakan sistem digitalisasi yang digunakan agar pekayanan di Dikdukcapil dapat terkoneksi daring secara nasional. 

Siak Online Adminduk ini diklaim lebih efisuen dan aman dari siber serta daoat memberijan pelayanan administrasi kepenfudukan (Anminduk) dengan lebih cepat, termasuk untuk mendownload KTP dan KK

Untuk mendownload KTP dan KK pada layanan Siak Online Adminduk, simak penjelasan dan tahapan berikut ini: 

Cara mendowload KTP dan KK ini sangat mudah, teman-teman bisa login ke Google dan klik di pencarian "Siak Online Adminduk" kemudian enter. 

Setelah itu akan muncul banyak pilihan, teman-teman bisa memilih yang paling atas dengan alamat website https://web.dukcapil.kemendagri.go.id

Kemudian Anda akan diarahkan ke website kemendagri, kemudian klik masuk. 

Setelah masuk, kita akan diminta untuk memasukkan NIK KTP dan kata kunci yang telah dibuat saat membuat akun untuk mendaftar, serta jangan lupa untuk memasukkan captcha-nya, lalu klik masuk lagi.

Jangan sampai salah memasukkan kode captcha, sebab jika salah tidak akan masuk. Kode captcha tertera secara acak dan tampilannya bisa berisi huruf, angka maupun simbol, ikuti seperti layar yang terlihat.

Ketika telah masuk Siak Online Adminduk akan menampilkan banyak menu seperti KTP digital, Kartu Keluarga, dokumen, tanda tangan, pemantauan pelayanan dan sebagainya.

Untuk mendownload KTP dan KK di Siak Online Adminduk, terlebih dahulu klik dokumen sehingga akan memunculkan tampilan KTP dan KK. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: