Bupati Serang Siapkan Multiprogram Atasi Dampak PHK Massal

Bupati Serang Siapkan Multiprogram Atasi Dampak PHK Massal

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat memimpin rapat koordinasi di Pendopo Bupati Serang, Jumat, 20 Januari 2022, untuk mengatasi dampak PHK massal yang menimpa warganya.--

SERANG, INFORADAR.ID - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyiapkan multiprogram lintas organisasi perangkat daerah (OPD) serta kolaborasi dengan pengusaha dan BPJS Ketenagakerjaan untuk mengantisipasi dampak pemutusan hubungan kerja (PHK) massal yang terjadi di beberapa industri di Kabupaten Serang.

 

“Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Serang sudah mengikuti perkembangan PHK sejak awal, semua harus dilakukan dengan aturan. Untuk Pemerintah Kabupaten Serang, mereka yang mengajukan atau terkena PHK, kami sudah rapat lintas OPD untuk memberikan program-program,” ujar Tatu usai rapat koordinasi di Pendopo Bupati Serang, Jumat, 20 Januari 2022.

 

Menurutnya, beberapa OPD punya program pemberdayaan ekonomi dan pengentasan pengangguran.

 

“Semua program kami kumpulkan, membentuk tim, akan koordinasi dengan berbagai pihak. Kita siapkan formula, untuk ditawarkan kepada teman-teman yang terkena PHK. Agar secara ekonomi mereka tetap bisa bekerja dan punya pekerjaan,” ujarnya.

 

Dalam rapat terungkap, telah disiapkan multiprogram untuk mengantisipasi dampak PHK dari berbagai OPD. Multiprogram bisa menyerap lebih tenaga kerja hingga 1.000 orang lebih yang berada di Disnakertrans, Diskoperindag, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, dan sejumlah OPD lainnya.

 

“Kami akan paparkan semua program kepada tenaga kerja yang terdampak PHK, tentunya akan tergambarkan potensi keuntungan ekonominya,” ujar Tatu.

 

Selain program OPD, Pemkab Serang juga bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketengakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan). Ada program jaminan kehilangan pekerjaan (JKP), mulai dari pemberian uang hingga pelatihan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: