Diguyur Hujan Deras, 6 Rumah Warga Leuwidamar Rusak Tertimbun Longsor

Diguyur Hujan Deras, 6 Rumah Warga Leuwidamar Rusak Tertimbun Longsor

Tanah longsor merusak rumah warga dan jalan raya di Kecamatan Leuwidamar, Selasa, 3 Januari 2023.-BPBD Kabupaten Lebak-

LEBAK, INFORADAR.ID --- Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Lebak, dalam beberapa hari terakhir ini, menyebabkan tanah longsor di beberapa titik. 

Yang pertama, terjadi longsor di Jalan Raya Rangkasbitung--Malingping, tepatnya di Kampung Curahem, Desa Sukanegara, Kecamatan Gunung Kencana. 

Kedua, menyebabkan amblesnya Jalan Raya Rangkasbitung--Leuwidamar, Kampung Janglapa, Desa Sangkanmanik, Kecamatan Cimarga. 

Dan, kini dilaporkan, sebanyak 6 unit rumah warga di Kecamatan Leuwidamar rusak akibat tertimbun tanah longsor pada Selasa, 3 Januari 2022.

Relawan BPBD Lebak Kecamatan Leuwidamar Hendi mengatakan, longsor itu diakibatkan oleh hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Lebak sejak Senin, 2 Januari 2023 malam. Adapun 6 rumah itu berada di Desa Lebak Parahiang dan Desa Parahiang.

"Kami menerima laporan dan sudah melakukan assesment bahwa ada 4 rumah rusak akibat tertimbun longsor di Desa Lebak Parahiang dengan rincian 2 rumah rusak berat dan 2 rumah rusak ringan. Sementara di Desa Parahiang ada 2 rumah rusak sedang," kata Hendi.

Hendi menuturkan, selain rumah, longsor juga terjadi di beberapa ruas jalan di Kecamatan Leuwidamar. Seperti di Jalan Kampung Ciranca dan Kampung Lengsir, Desa Leuwidamar. Longsor menyebabkan kedua akses jalan itu tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

"Longsor menyebabkan jalan ambles di Kampung Ciranca dengan panjang 5 meter dan lebar 2 meter. Sedangkan di Kampung Lengsir longsor menutup separuh badan jalan dengan panjang longsoran 10 meter dan tinggi 5 meter. Kedua akses jalan itu kini hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja," kata Hendi.

Di Desa Parahiang ada 3 titik longsor yakni di Kampung Baok, Kampung Cibeas, dan Kampung Pasar. Di Desa Cisimeut Induk, tepatnya Kampung Hantap, longsor telah menutup akses jalan sepanjang 40 meter dengan lebar 5 meter.

"Longsor juga terjadi di Jalan Raya Cisimeut, arah desa Wisata Baduy tepatnya di Kampung Kipar. Longsor itu panjangnya 5 meter dan 3 meter. Kendaraan roda empat masih bisa dilalui kendaraan roda empat namun hanya satu jalur saja," ucapnya.

Kini, BPBD Lebak tengah berkoordinaai dengan DPUPR dan dibantu warga melakukan evakuasi material longsor di beberapa titik jalan itu.

"Alhamdulillah korban nihil, dan sekarang kita lagi evakuasi material longsor yang menutupi badan jalan itu," pungkasnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: