Apa itu Landfill Mining dan RDF Plant yang Di-praperesmian Anies Baswedan di TPST Bantargebang?

Apa itu Landfill Mining dan RDF Plant yang Di-praperesmian Anies Baswedan di TPST Bantargebang?

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan keterangan pers usai praperesmian Landfill Mining dan RDF di TPST Bantargebang, Bekasi, Jabar. Foto: Laman FB Anies Baswedan -----

BEKASI, INFORADAR.ID --- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru saja melakukan praperesmian pabrik Landfill Mining dan Refused Derived Fuel (RDF) Plant di Tempat Pengolagan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat. Inilah sekilas Landfill Mining dan RDF. 

"Alhamdulillah, kita membuka Praresmi Fasilitas Pengolahan Sampah Landfill Mining dan RDF Plant di TPST Bantargebang sebagai Energi Baru Terbarukan dari Jakarta," kata Anies Baswedan.

Kata Anies yang segera akan mengakhiri masa tugasnya ini, fasilitas terbesar di Indonesia ini dapat mengolah 1.000 ton/hari sampah lama dan 1.000 ton/hari sampah baru untuk menghasikan materi Refuse Derived Fuel (RDF) sebanyak 700 – 750 ton/hari. 

RDF yang dihasilkan selanjutnya akan dimanfaatkan oleh industri semen sebagai bahan bakar yang ramah lingkungan pada produksi semen. Salah satu pabrik semen yang akan memanfaatkan adalah Indocement. 

"Sebuah babak baru di TPST Bantargebang. Semula yang dipandang sebagai TPA, sekarang menjadi tempat untuk pengolahan dan percontohan yang nanti akan jadi rujukan untuk seluruh Indonesia," lanjut Anies dalam laman FB-nya yang dikutip inforadar.id, Selasa, 11 Oktober 2022.


Anies Baswedan (dua dari kiri) saat melihat mesin pengolahan RDF di TPST Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat. Foto: Laman FB Anies Baswedan -----

Bakal calon presiden yang diusung Partai Nasdem ini berharap, saat proyek ini tuntas, bukan saja bisa memfasilitasi kebutuhan energi sekarang, tetapi juga diharapkan tempat ini disiapkan untuk pembelajaran bagi anak-anak kita. Karena dari mulai pengetahuan, ada proses pembiasaan, lalu nanti jadi kebiasaan. Setelah jadi kebiasaan, dia menjadi budaya. Kalau jadi budaya, dia akan menjadi peradaban baru.

Progres pekerjaan Landfill Mining dan RDF Plant saat ini telah mencapai 82% dan ditargetkan selesai pada akhir Desember 2022 mendatang dan siap beroperasi mulai Januari 2023.

Landfill Mining

Landfill Mining adalah penambangan lahan urug zona tidak aktif dengan karakteristik sampah yang sudah terdekomposisi agar bisa digunakan kembali sehingga memperpanjang masa pelayanan TPST bantargebang dengan harapan dapat difungsikan untuk tujuan lingkungan lainnya.

Tujuan utama dari landfill mining adalah:

1. Konservasi ruang TPST Bantargebang

2. Pengurangan area TPA

3. Memperpanjang umur TPST Bantargebang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: