Usai Rapat Hari Pertama, Pemimpin U20 Diajak Kunjungi Kota Tua Jakarta

Usai Rapat Hari Pertama, Pemimpin U20 Diajak Kunjungi Kota Tua Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak para pemimpin U20 mengunjungi Kota Tua Jakarta Foto: Laman FB Anies Baswedan--

JAKARTA, INFORADAR.ID --- Para pemimpin U20 saat ini sedang mengadakan KTT tingkat tinggi di Jakarta. Mereka merupakan perwakilan dari 44 kota dari 5 benua. 

Nah, menutup hari pertama U20 Mayors Summit, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak para delegasi U20 mengunjungi Kawasan Kota Tua yang baru saja direvitalisasi.

"Kota Tua adalah kota masa depan. Setahun yang lalu, Jalan Lada depan Stasiun Kota yang kami lewati ini masih dipenuhi oleh kendaraan bermotor, lalu kita mulai ubah menjadi Kawasan Rendah Emisi/ Low Emission Zone," kata Anies Baswedan dalam laman FB-nya yang dikutip inforadar.id, Kamis, 1 September 2022. 


Suasana Rapat KTT U20 di Jakarta Foto: Laman FB Anies Baswedan--

Hingga akhirnya hari ini, Jalan Lada sepenuhnya menjadi plaza untuk pedestrian/ pejalan kaki dan masyarakat bisa berinteraksi tanpa ada jarak. Siapa saja bisa menikmati, tidak ada kelas, semuanya bisa merasakan #WajahBaruKota.

Kata Anies, berbagai pertunjukan seni dan budaya mengiringi perjalanan delegasi U20 dari depan Stasiun Kota hingga Museum Seni Rupa dan Keramik, di mana kami makan malam bersama.

Sebagaimana diketahui, KTT U20 diikuti oleh pemimpin/ perwakilan 44 kota dari 5 benua, baik secara langsung maupun daring. Beberapa pemimpin kota yang datang ke Jakarta antara lain Yuriko Koike (Gubernur Tokyo), Eric Garcetti (Walikota Los Angeles) dan Ahmed Aboutaleb (Walikota Rotterdam).


Anies Baswedan selfie dengan salah satu delegasi U20 Foto: Laman FB Anies Baswedan--

Hingga malam kemarin, para pemimpin kota U20 berkumpul di Forum Urban 20 (U20) Mayors Summit untuk memperkuat kolaborasi dan mendiskusikan rekomendasi terhadap sejumlah isu yang dituangkan dalam sebuah Komunike, ada tiga hal penting yang akan kita sampaikan ke G20.

(1). Pentingnya lebih besar investasi di bidang kesehatan dan perumahan untuk bisa mempercepat recovery ekonomi yang lebih berkeadilan.

(2). Pentingnya untuk segera adopsi pendekatan berkelanjutan, khususnya di dalam transisi pemanfaatan energi dan di dalam pemanfaatan mobilitas penduduk dalam kawasan urban.

(3). Pentingnya memberikan pendidikan dan pelatihan untuk pekerjaan di masa depan.

Komunike U20 ini yang nantinya akan disampaikan kepada Pemerintah Indonesia untuk menjadi masukan pada KTT G20 di Bali, November mendatang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: