Menikmati Keindahan Danau Biru Cibanten

Menikmati Keindahan Danau Biru Cibanten

Foto: Dok Info Serang--

INFORADAR - Danau Biru Cibanten terletak dikampung Masigit, Desa Sukabares, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang, dan menyimpan banyak keindahan. 

Menurut cerita warga sekitar, pada era Sultan Maulana Hasanudin Banten, pihak kesultanan akan mendirian rumah di Danau Biru Cibanten. 

Namun pada saat pembangunan rumah tersebut, terdapat mata air yang terus mengalir. Air tersebut bersumber dari gunung karang. 

Alirannya mengalir sampai ke Karangantu. Warga sekitar menyampaikan bahwa Danau Cibanten pertama kali dikelola oleh keluarga Tubagus Chasan Sohib, yang tak lain merupakan ayah dari bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah. Sekarang danau tersebut dikelola oleh masyarakat setempat, dengan hasil swadaya masyarakat, kemudian dijadikan sebagai tempat wisata. Berkunjung ke danau ini gratis, tidak dipungut biaya sepeser pun.  

Di danau tersebut kita bisa menikmati suasana keasrian alam yang sejuk dan indah, di halaman danau banyak warga yang menyediakan tempat duduk dan berjualan kopi dan makanan untuk pendatang yang ingin bersantai untuk menikmati keindahan Danau Biru Cibanten.

Selain menikmati keindahan dan keasrian danau biru cibanten, para pengunjung juga bisa menikmati kesegaran air danau cibanten tersebut dengan melakukan berenang sepuasnya. Tapi perlu diingat berenang di danau tersebut haruslah berhati hati dan sudah mahir dalam berenang  karena kedalaman danau tersebut mencapai 4 meter. 

Pada hari sabtu dan minggu biasanya banyak pengunjung yang berdatangan.

"Biasanya rame kalau hari sabtu dan minggu, banyak yang pada jajan juga alhamdulillah," kata njum, penjual kopi di pinggir danau.

Tapi kebanyakan orang yang berkunjung ke danau cibanten hanya untuk menikmati keindahan alam dan kesejukan di halaman danau cibanten, contohnya menikmati segelas kopi dan memancing ikan.

 

Reporter: Ridho-Gen RB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: