Ayo Jogging dan Sepeda, Stres Hilang dan Jantung pun Sehat

Ayo Jogging dan Sepeda, Stres Hilang dan Jantung pun Sehat

Seorang ibu muda tengah melakukan aktivitas berolahraga-Tangkapan Layar Situs Resmi Kementerian Kesehatan-

JAKARTA,INFORADAR.ID-Menggerakkan badan secara kontinyu dengan berolahraga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Olahraga merupakan kegiatan menggerakan ataupun melenturkan otot pada tubuh. 

Adapun jenis olahraga, dikutip INFORADAR.ID, dari situs resmi Kementerian Kesehatan, sangatlah banyak, diantaranya lari, bersepeda, dan berenang. Kalau mau sehat, sebaiknya lakukan olahraga tidak harus yang berat-berat. Bisa dengan jogging maupun bersepeda.

Namun setiap kali sebelum berolahraga, didahului dengan pemanasan dan diakhiri masa pendinginan. Pemanasan akan membantu melebarkan pembuluh darah otot dan secara bertahap meregangkan tendo serta ligaman sehingga kemungkinan terjadinya cedera dapat dihindari.

Sedangkan masa pendinginan dibutuhkan agar pompa otot tungkai masih tetap bekerja sampai keperluan aliran darah ke jaringan menurun sehingga pengangkutan hasil sisa metabolisme menjadi lebih efektif.

Dengan rajin berolahraga selain memberikan manfaat badan sehat dan bugar tetapi juga bisa mengurangi stres. 

Apabila mengalami stres, otot menjadi tegang karena otot manusia terdiri dari kumpulan serat yang berukuran rambut. Ada sekitar 6 miliar serat otot dalam tubuh yang berhubungan dengan tulang. 

Jika mengadakan pemanasan sebelum olaharga maka darah akan mengalir menuju otot, membawa lebih banyak zat pembakar dan oksigen. Kalau dilakukan dengan rutin, akan mengurangi terjadinya stres. Berolahraga juga dapat menguatkan Jantung karena otot yang baik menolong peredaran darah yang baik.

Sementara otot yang tidak bergerak atau tidak berolahraga menghalangi peredaran darah.  Apabila tidak berolahraga sama halnya memaksa jantung bekerja lebih berat. Oleh karena itu sangat penting melakukan pemanasan maupun pendinginan sebelum berolahraga untuk menolong jantung atau membatu memompa otot-otot darah ke dalam jantung. Sehingga menjadikan jantung lebih kuat dan sehat. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: