Melihat Situs Sanghyang Dengdek Pandeglang, Bentuknya Menyerupai Wujud Manusia

Melihat Situs Sanghyang Dengdek Pandeglang, Bentuknya Menyerupai Wujud Manusia

Situs Sanghyang Dengdek berada di Desa Sanghyang Dengdek, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang-Tangkapan Layar Situs Kementerian Pendidikan-

PANDEGLANG,INFORADAR.ID-Situs Sanghyang Dengdek berupa batu panjang (menhir) yang terletak di Desa Sanghyang Dengdek, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Situs Sanghyang Dengdek dibuat dari batu andesit yang bentuknya menyerupai wujud manusia. Situs Sanghyang Dengdek merupakan hasil tinggalan tradisi megalitik yang dikenal dengan istilah arca polinesia. 

Arca polinesia ini, berdasarkan keterangan dari situs resmi Kementerian Pendidikan yang dikutip INFORADAR.ID, ialah sebuah patung terbuat dari batu andesit dengan bentuk mirip dengan wujud manusia. Disebut mirip wujud manusia karena bentuk Situs Sanghyang Dengdek menyerupai replika manusia yaitu terdapat kepala serta tubuh yang terlihat terdiri dari tangan, dada, dan perut. 

Akan tetapi pada bagian tubuh kondisinya sudah terlihat aus karena faktor alam.

Lalu kenapa dinamakan Situs Sanghyang Dengdek karena pada bagian bahu antara sebelah kiri dan kanan tidak rata atau salah satunya lebih rendah (dengdek).

Situs Sangyang Dengdek memiliki tinggi 95 centimeter, keliling badan 120 centimeter dan diameter kepala 20 centimeter. 

Pada saat ini Situs Sayang Dengdek dalam kondisi aman karena sudah dilindungi sebuah atap genteng. Kemudian disekelilingnya sudah dipasangkan pagar agar area situs dapat terjaga dengan baik.  Situs Sanghyang Dengdek saat ini selain menjadi situs bersejarah tetapi juga sering dikunjungi para penziarah. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: