Situs Batu Bergores Cidaresi Pandeglang, Fenomena Unik Simbol Kemaluan Wanita

Situs Batu Bergores Cidaresi Pandeglang, Fenomena Unik Simbol Kemaluan Wanita

Situs Batu Bergores Cidaresi di Lereng Gunung Pulosari, Kabupaten Pandeglang-Tangkapan Layar Situs Resmi Kementerian Pendidikan-

PANDEGLANG,INFORADAR.ID-- Situs Batu Bergores Cidaresi merupakan salah satu tinggalan megalitik yang berada di lereng Gunung Pulosari, Kabupaten Pandeglang. Situs Batu Bergores Cidaresi berada di Kampung Cidaresi, Desa Batu Ranjang, Kecamatan Cipeucang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. 

Batu Bergores Cidaresi di Gunung Pulosari ini, dikutip INFORADAR.ID, dari Kementerian Pendidikan, ialah sebuah batu monolit yang memiliki goresan-goresan berbentuk segitiga. Di mana pada bagian dalam segitiga tersebut terdapat  satu buah lubang yang berada di tengah-tengahnya. 

Goresan segitiga pada batu ini memiliki ukuran yang berbeda-beda antara satu dengan goresan lainnya. Adanya goresan tersebut termasuk fenomena cukup unik karena menggambarkan kemaluan wanita. Sehingga warga setempat menamakan batu tumbung atau kemaluan wanita. 

Goresan dari Situs Batu Bergores Cidaresi ini ditafsirkan sebagai simbol kesuburan atau lambang kesucian. Arti dari kesuburan merupakan salah satu pengharapan dari masyarakat yang hidup bercocok tanam dan beternak. Mereka percaya bahwa tanaman dan ternak mereka sangat tergantung dari perlakuan mereka terhadap arwah nenek moyangnya. 

Sehingga dalam proses ritualnya diadakan simbol-simbol yang terkait dengan kesuburan. Seperti halnya dengan batu bergores Cidaresi ini juga diartikan sebagai simbol  kesuburan. Batu bergores Cidaresi terbuat dari batuan andesit yang memiliki ukuran panjang kurang lebih 175 centimeter dan lebar kurang lebih 102 centimeter.  (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: