Siltap Kades dan Perangkat Desa Tak Kunjung Cair, 15 Kades di Serang Temui Bupati

Siltap Kades dan Perangkat Desa Tak Kunjung Cair, 15 Kades di Serang Temui Bupati

Suasana pertemuan antara kepala desa dengan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di pendopo.-Dok. Hulman-

SERANG, INFORADAR.ID - Sebanyak 15 kepala desa (kades) menemui Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Pendopo Bupati Serang, Selasa 31 Mei 2022.

Para kepala desa itu mewakili kades di Kecamatan Baros, Petir, Tunjungteja, Pamarayan, Cikeusal, dan Kecamatan Bandung.

Mereka membahas beberapa poin soal penghasilan tetap (siltap) kepala desa dan perangkat desa yang belum cair

Kepala Desa Bojongpandan, Kecamatan Tunjungteja Hulman mengatakan, ada beberapa poin soal siltap yang disampaikan kepada Bupati Serang.

Antara lain, sebuat Hulman, para kades meminta Pemkab Serang  segera mencairjan siltap untuk kades dan perangkat desa. Januari hingga Mei 2022. Kemudian  meminta proses pengajuannya untuk dipermudah.

"Proses administrasi jangan dipersulit. Sekarang kita masih banyak administrasi yang berbelit-belit," kata Hulman.

Selain masalah tersebut, pihaknya menyampaikan perbandingan siltap dengan daerah lain. Nomin slltap kades di Kabupaten Serang masih di bawah rata-rata.

"Seperti di Lebak saja, total dengan tunjangan itu sampai Rp6,7 juta, padahal Lebak PAD-nya di bawah Kabupaten Serang. Kalau di Kabupaten Serang masih Rp3,5 juta," ucapnya.

Pada pertemuan tersebut, kata Hulman, Bupati Serang menyampaika pencairan siltap telat  karena kondisi keuangan daerah sedang minim.

"Tapi kepala BPKAD menyampaikan, silakan yang sudah lengkap syaratnya untuk diajukan dan bisa dicairkan dua bulan dulu.Tapi kita minta syaratnya jangan dipersulit," ujarnya.

Kemudian, kata dia, hasil dari pertemuan itu juga Bupati Serang akan mengupayakan tambahan hak kepala desa berupa BPJS Ketenagakerjaan. "Selama ini memang kita belum punya BPJS, baik itu kesehatan maupun ketenagakerjaan," ucapnya.

Dikatakan Hulman, meskipun pertemuan itu hanya diikuti oleh kades di dapil tiga, akan tetapi seluruh kades di Kabupaten Serang menginginkan hal yang sama.

"Semua kades juga kondisinya sama. Kita juga sedang menunggu respons dari dapil lainnya seperti apa," ujar Hulman. (Abdul Rozak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: