Komunikasi yang terbuka sangat penting agar kamu dan atasan, serta tim, dapat memastikan bahwa peran dan tanggung jawab kamu dipenuhi dengan baik.
BACA JUGA:6 Manfaat Dahsyat Kunyit yang Jarang Terungkap, Salah Satunya Ini
BACA JUGA:9 Cara Menciptakan Konten Viral di Media Sosial, Pilih Topik yang Sedang Tren
Jangan ragu untuk menanyakan tentang prioritas tugas, memastikan tenggat waktu, atau meminta umpan balik terkait pekerjaan yang telah kamu selesaikan. Melalui komunikasi yang efektif, kamu akan mampu mengelola harapan dan menghindari kesalahpahaman.
3. Kembangkan Keterampilan yang Diperlukan
Setiap peran di lingkungan kerja memerlukan keterampilan tertentu. Investasikan waktu untuk mengasah keterampilan teknis maupun non-teknis yang relevan dengan pekerjaan kamu.
Misalnya, jika kamu bekerja di bidang pemasaran, keterampilan dalam analisis data, penggunaan perangkat lunak pemasaran, dan komunikasi digital sangatlah penting.
Sedangkan jika kamu menjabat posisi manajerial, penguasaan keterampilan kepemimpinan, manajemen waktu, dan pengambilan keputusan menjadi sangat diperlukan.
Mengikuti pelatihan atau kursus tambahan bisa membantu kamu meningkatkan keterampilan yang diperlukan untuk lebih efektif dalam peran kamu.
4. Tunjukkan Inisiatif dan Proaktif
Untuk meningkatkan peran dan tanggung jawab, penting juga untuk menunjukkan inisiatif. Jangan hanya menunggu instruksi untuk menyelesaikan tugas atau menghadapi tantangan baru.
Jadilah proaktif dengan mencari peluang untuk memperbaiki proses, menawarkan solusi untuk masalah yang ada, dan berkontribusi lebih dalam tim. Tindakan proaktif akan menunjukkan komitmen kamu dalam melaksanakan tanggung jawab serta dedikasi terhadap tujuan perusahaan.
5. Tingkatkan Kemampuan Manajemen Waktu
Manajemen waktu adalah keterampilan penting yang membantu kamu menjalankan peran dan tanggung jawab secara lebih efisien.
Manfaatkan alat manajemen waktu seperti kalender digital, aplikasi pengelola tugas atau teknik seperti Pomodoro untuk membagi pekerjaan menjadi blok waktu yang lebih teratur.
Dengan pengelolaan waktu yang baik, kamu dapat lebih fokus pada prioritas dan menyelesaikan tugas dalam tenggat waktu yang ditentukan.