Warga Indonesia Ternyata Banyak Menghabiskan Waktu di Media Sosial

Kamis 21-11-2024,11:46 WIB
Reporter : Indra Sena
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Media sosial (medsos) telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita. Dengan akses yang semakin mudah dan berbagai platform yang tersedia, pengguna internet di seluruh dunia menghabiskan waktu yang signifikan di media sosial.

Berdasarkan laporan terbaru dari Data Reportal, rata-rata pengguna internet global menghabiskan waktu sekitar 139 menit (2 jam 19 menit) per hari untuk mengakses media sosial. 

Namun, fenomena ini berbeda-beda di setiap negara, dengan beberapa negara mencatatkan durasi yang jauh lebih lama. 

Artikel ini akan membahas durasi penggunaan media sosial di Indonesia dan perbandingannya dengan negara-negara lain.

BACA JUGA:Kenali Jam Koma, Istilah Baru Gen Z yang Ramai di Media Sosial

Rangking Penggunaan Media Sosial

Indonesia, sebagai salah satu negara dengan jumlah pengguna media sosial terbesar, menempati urutan kesembilan dalam daftar negara dengan durasi akses media sosial terpanjang.

Rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna Indonesia untuk mengakses media sosial mencapai 188 menit (3 jam 8 menit) setiap harinya.

Angka ini mencerminkan ketergantungan yang tinggi terhadap platform-platform sosial sebagai sarana komunikasi, hiburan, dan informasi.

Di peringkat teratas, Kenya menonjol dengan durasi penggunaan media sosial tertinggi, yaitu 236 menit (3 jam 56 menit) per hari.

BACA JUGA:Istilah Gangguan Mental NPD Viral di Media Sosial, Kenali Penyebab dan Ciri-Cirinya

Angka ini menunjukkan betapa pentingnya media sosial dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Kenya, mungkin sebagai alat untuk berkomunikasi dan mengakses informasi yang relevan.

Brasil dan Afrika Selatan mengikuti dengan durasi 218 menit (3 jam 38 menit) dan 217 menit (3 jam 37 menit), masing-masing.

Penggunaan media sosial di negara-negara ini bisa jadi dipengaruhi oleh populasi yang cukup besar dan keterlibatan masyarakat dalam berbagai isu sosial yang sering dibahas di platform-platform ini.

Sementara itu, Filipina (213 menit), Chili (206 menit), dan negara-negara lain di daftar ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial telah menjadi bagian dari budaya digital mereka.

Kategori :