Kurang Tidur Ternyata Bisa Jadi Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Daya Ingat Otak, Cek Lengkapnya

Senin 14-10-2024,10:09 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

Hal ini membuat otak kesulitan mengingat dan menyimpan kenangan baru. Temukan cara untuk bersantai, seperti bermeditasi atau melakukan hobi yang menyenangkan.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Drakor On Going dengan Rating Tertinggi, Ada The Judge from Hell

BACA JUGA:Barang-barang yang Tidak Boleh Diletakkan di Atas Kulkas, Jangan Biasakan Letakan Barang Ini

2. Kurang terkena paparan sinar matahari 

Sinar matahari dibutuhkan untuk memproduksi vitamin D yang sangat penting bagi otak. Jarang keluar rumah dan terkena sinar matahari dapat mempengaruhi penurunan kinerja otak.

Jadi jangan lupa untuk menghabiskan setidaknya 10-15 menit sehari di luar ruangan. Jika hal ini sulit, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D.

3. Kurang tidur 


Kurang tidur-Freepik.com-studio penampilan

Tidur merupakan waktu yang paling baik untuk memulihkan tubuh dan otak kamu. Jika kamu terlalu sering tidur kurang dari 7 hingga 9 jam dalam kehidupan sehari-hari, otak kamu tidak memiliki cukup waktu untuk pulih.

Hal ini dapat menyebabkan penurunan fungsi otak dan masalah memori. Oleh karena itu, pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap malamnya agar otak kamu dapat berfungsi dengan baik.

4. Sering mengonsumsi makanan berlemak

Sering konsumsi makanan berlemak ini memang menimbulkan masalah, namun terlalu sering mengonsumsinya dapat menyebabkan gangguan otak.

Pola makan tinggi lemak dapat menyebabkan penyakit seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi fungsi otak.

Oleh karena itu, usahakan untuk menjaga pola makan lebih seimbang dengan mengonsumsi sayur, buah, dan makanan bergizi lainnya.

5. Mendengarkan musik yang terlalu keras 


Ilustrasi-Freepik.com-Freepik 

Kategori :