Cegah Penularan Hepatitis, Lakukan Hal-Hal Sederhana Ini

Selasa 01-10-2024,16:13 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID – Hepatitis merupakan peradangan pada hati yang disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi virus, konsumsi alkohol berlebihan, dan penggunaan obat-obatan tertentu. 

Terdapat beberapa jenis virus hepatitis, yang paling umum adalah hepatitis A, B, C, D, dan E. Setiap jenis hepatitis memiliki cara penularan dan tingkat keparahan yang berbeda. 

Pengetahuan mengenai hepatitis dan langkah-langkah pencegahan yang sederhana dapat membantu kita melindungi diri dan orang-orang terdekat dari penularan penyakit ini.

Hal ini tentunya harus kita ketahui, di mana kita bisa lebih mewaspadai dan menjaga diri agar tidak dengan mudah terpapr penyakit yang satu ini. 

Pencegahan hepatitis dapat dilakukan dengan langkah-langkah sederhana yang mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu mencegah penularan hepatitis:

BACA JUGA:Manfaat dan Dampak Negatif Sinar Matahari Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Waspada, Ini 7 Dampak Buruk Asap Rokok bagi Kesehatan Tubuh: Segera Tinggalkan!

1. Vaksinasi


Proses vaksin yang akan dilakukan.-Pixabay/@fernandozhiminaicela-

Vaksinasi adalah cara paling efektif untuk melindungi diri dari hepatitis A dan B. Vaksin hepatitis A biasanya diberikan dalam dua dosis, sedangkan vaksin hepatitis B juga memerlukan beberapa dosis untuk membangun kekebalan. 

Pastikan anak-anak dan orang dewasa yang ada di sekitar kamu sudah menerima vaksinasi yang sesuai, sehingga kamu akan lebih aman berada di lingkungamu itu.

2. Jaga Kebersihan Makanan dan Air

Konsumsi makanan dan air yang bersih sangat penting untuk mencegah hepatitis A dan E. Selalu cuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan toilet. 

Pastikan makanan yang dikonsumsi matang dengan baik dan air yang diminum berasal dari sumber yang bersih.

3. Hindari Kontak dengan Cairan Tubuh

Untuk mencegah hepatitis B, C, dan D, penting untuk menghindari kontak dengan darah atau cairan tubuh orang lain. 

Kategori :