4 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari, Ternyata Bisa Ganggu Tidur Kamu

Rabu 25-09-2024,22:01 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa mengonsumsi makanan olahan menurunkan kualitas tidur.

Mengurangi asupan mie instan dan makanan olahan lainnya dapat bermanfaat bagi kesehatan kamu secara keseluruhan dan meningkatkan kualitas tidur kamu.

BACA JUGA:5 Penyebab Terburuk Peradangan Usus, No 5 Sering Terjadi

BACA JUGA:Rahasia Golongan Darah Tentang Kamu, Golongan Darah Ini Lebih Berisiko Terkena Serangan Jantung

2. Sambal 


Ilustrasi-Freepik.com-Freepik

Sambal dapat menyebabkan gangguan pencernaan, gejala asam lambung, dan mengganggu tidur. Selain itu, beberapa penelitian menemukan bahwa peningkatan suhu tubuh akibat mengonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan gangguan tidur.

Makanan yang terlalu pedas tidak hanya menaikkan suhu tubuh, tapi juga menyebabkan asam lambung masuk ke kerongkongan. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan membuat kamu terbangun di malam hari.

3. Pizza 

Pizza dan makanan cepat saji lainnya mengandung lemak jenuh dalam jumlah besar. Lemak jenuh yang masuk ke tubuh kamu di malam hari dapat memberikan tekanan pada sistem pencernaan kamu.

Disarankan agar kamu menghindari makan makanan tinggi lemak jenuh seperti pizza dan daging merah.

4. Kopi 


Ilustrasi-Freepik.com-Freepik

Kopi merupakan minuman atau makanan nomor satu yang membuat sulit tidur. Penyebabnya adalah tingginya kandungan kafein pada kopi.

Kafein adalah stimulan sistem saraf pusat yang meningkatkan kewaspadaan dan energi. Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi beberapa jam sebelum tidur dapat memengaruhi tidur kamu.

Selain kopi, sebaiknya hindari juga minuman dan makanan berkafein lainnya, seperti soda, teh, dan beberapa produk coklat.

Kategori :