Real Madrid akan Bermain di Final Interkontinental FIFA 2024 di Qatar

Selasa 24-09-2024,05:57 WIB
Reporter : Indra Sena
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Real Madrid, juara Liga Champions Eropa, akan berpartisipasi di final Piala Interkontinental FIFA 2024 yang pertama di Qatar, sebagaimana diumumkan oleh FIFA. 

Kompetisi ini merupakan turnamen baru yang melibatkan klub-klub dari seluruh dunia dan akan terdiri dari lima pertandingan, dengan final yang dijadwalkan pada 18 Desember. Real Madrid otomatis lolos ke final.

Pertandingan Real Madrid di final Interkontinental bertepatan dengan Hari Nasional Qatar serta dua tahun peringatan final Piala Dunia 2022, di mana Argentina mengalahkan Prancis.

Turnamen ini menggantikan Piala Dunia Antarklub, yang sekarang akan diadakan empat tahun sekali dengan format 32 tim, dimulai pada 2025.

Dikutip dari Aljazeera,Selasa, 23 September 2024, Sheikh Hamad bin Khalifa bin Ahmed Al Thani, Menteri Pemuda dan Olahraga Qatar, menyatakan kebanggaannya atas kemampuan Qatar menjadi tuan rumah acara olahraga global lainnya setelah Piala Dunia 2022. Ia berharap acara ini akan memperlihatkan warisan Piala Dunia tersebut.

Sementara itu, pemenang Liga Champions Asia, Al Ain, akan bertanding melawan Auckland City, juara Liga Champions Oseania, pada 22 September di babak playoff.

Pemenangnya akan berhadapan dengan juara Liga Champions Afrika, Al Ahly, pada 29 Oktober di Kairo.

Dua pertandingan awal akan dimainkan di kandang tim dengan peringkat lebih tinggi, memberikan kesempatan kepada penonton lokal untuk menyaksikan tim mereka.

Setelah itu, turnamen pindah ke Doha, di mana pada 11 Desember, pemenang Copa Libertadores 2024 akan menghadapi Pachuca, pemenang Piala Champions CONCACAF. FIFA menggambarkan pertandingan ini sebagai "Derby Amerika."

Pemenang dari dua laga ini akan bertemu di Challenger Cup pada 14 Desember untuk memperebutkan tempat di final melawan Real Madrid pada 18 Desember.

BACA JUGA:Daftar Klub Sepak Bola Tertua di Indonesia, Sudah Berlari Mengejar Bola Sebelum Negara Ini Berdiri

Sekilas Tentang Piala Interkontinental FIFA 2024

Piala Interkontinental FIFA 2024 merupakan turnamen baru yang menggantikan Piala Dunia Antarklub, dan akan diadakan setiap tahun. 

Dengan final yang dijadwalkan di Qatar pada 18 Desember, turnamen ini memberikan panggung baru bagi klub-klub terbaik dunia untuk bertanding.

Real Madrid sebagai pemenang Liga Champions Eropa mendapat jatah langsung ke final, sebuah penghargaan yang menekankan status klub tersebut sebagai salah satu raksasa sepak bola dunia.

Kategori :