Tanda Produktivitas Toxic yang Bisa Mempengaruhi Hidup Kamu, Hati-hati Jangan Terlalu Ambis

Sabtu 21-09-2024,21:08 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

Semua tindakan harus selalu memiliki tujuan atau sasaran yang mengarah pada rasa peningkatan atau pencapaian pribadi.

Orang yang menderita hal ini mendorong diri mereka sendiri ke arah ekstrem yang tidak sehat dan berfokus pada produktivitas hingga mengabaikan hal lain dalam hidup mereka

Namun untuk sesuatu yang sangat ekstrem, mungkin sulit untuk dikenali. Produktivitas yang beracun sulit diidentifikasi karena masyarakat sangat menghargai produktivitas secara profesional, sosial, dan budaya, dan karena orang sering kali mendapat penghargaan dari luar atas produktivitasnya.


Ilustrasi-Freepik.com-Freepik

BACA JUGA:Info Lowongan Kerja Terbaru dari PT Kino Indonesia Tbk untuk Lulusan S1, Dibutuhkan untuk Penempatan Cikande

BACA JUGA:5 Tipe Teman Sekamar yang Seru untuk Dijadikan Teman Kost, Mahasiswa Baru Harus Tahu Nih!

Ketika semua orang di sekitar kamu mencoba untuk menjadi lebih produktif dan mendorong kamu untuk melakukannya, hal itu bisa terasa normal atau bahkan diharapkan. Namun konsekuensi dari produktivitas yang buruk bisa sangat menghancurkan.

Selain itu, produktivitas ini membuat ketagihan. Poduktivitas yang beracun mungkin sulit dikenali, dan kamu mungkin enggan mengenalinya dalam diri kamu. 

Itu karena dorongan yang kamu dapatkan dari mencapai sesuatu bersifat adiktif secara psikologis.

Saat kamu berhasil mencapai sesuatu, tubuh kamu akan memberikan kamu suntikan dopamin, yang akan membuat kamu senang. 

Saat kamu terus-menerus fokus untuk mencapai sesuatu, hal itu akan membuat kamu selalu bersemangat, dengan kadar adrenalin yang meningkat.

Seiring berjalannya waktu, tubuh kamu mengembangkan toleransi dan membutuhkan lebih banyak dopamin dan adrenalin untuk memberikan dorongan awal.

Efek samping dari produktivitas yang toxic ini yaitu bekerja terlalu keras dalam jangka waktu yang lama akan menguras energi kamu dan hal itu memberi banyak tekanan pada tubuh kamu, yang menyebabkan kelelahan mental dan fisik.

Stres kronis dikaitkan dengan tingkat depresi dan kecemasan yang lebih tinggi serta meningkatnya risiko penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, dan penyakit “gaya hidup” lainnya.

Itulah tanda produktivitas toxic yang harus kamu tahu, terutama untuk kamu yang selalu ingin terlihat produktivitas.

Kategori :