Jaga Kesehatan Mentalmu dengan Melakukan Aktivitas Berikut Agar Tetap Waras

Kamis 08-08-2024,15:41 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

Saat kita terkena sinar matahari di pagi hari, otak kita dapat memproduksi serotonin, neurotransmitter yang mengatur suasana hati kita dan membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan. 

Dengan berjemur juga, dipercayai dapat meningkatkan kualitas tidur, mengurangi tingkat stres, meningkatkan perasaan bahagia dan rileks.

5. Cemas ← Jalan Kaki

Ketika kita menderita masalah kesehatan mental, tidak jarang kita diliputi oleh perasaan cemas dan ketakutan. Emosi ini bisa memperlemah kondisi tubuh kita, sehingga akan kehilangan motivasi hidup. 

Jalan kaki adalah cara yang sangat efektif untuk mengatasi kecemasan dan mengurangi gejala depresi dan gangguan kecemasan. 

Saat kita melakukan aktivitas fisik ini, sehingga akan membuat tubuh kita melepaskan endorfin, yang merupakan penambah suasana hati alami yang dapat membantu meredakan perasaan cemas dan stres. 

Selain itu, jalan kaki memungkinkan kita melepaskan diri dari pikiran dan kekhawatiran yang bersaing dengan cara yang sehat, yang memungkinkan kita untuk fokus pada aktivitas fisik dan untuk sementara melupakan perjuangan mental kita.

Itulah merupakan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengontrol diri kamu ketika kesehatan mental kamu terganggu, sehingga tidak menyebabkan hal yang lebih buruk pada diri kamu.(*)

BACA JUGA:7 Manfaat Yoga untuk Menjaga Kesehatan Mental

BACA JUGA:Manfaat Utama Berpuasa Bagi Kesehatan Mental, Perlu Banget Tahu

Kategori :