Jaga Kesehatan Mentalmu dengan Melakukan Aktivitas Berikut Agar Tetap Waras

Kamis 08-08-2024,15:41 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

Perubahan ini bisa terjadi tanpa mengenal waktu dan tidak diketahui apa penyebabnya.  Tidurlah di siang hari sebagai salah satu obat mujarab untuk mengatasi permasalah ini.

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur siang hari diperlukan untuk menjaga suasana hati agar terasa lebih sehat. 

Saat kita tidur di siang hari, otak kita dapat mengisi ulang energi untuk meningkatkan regulasi emosi dan sehingga dapat menurunkan risiko perubahan suasana hati, sehingga dapat meredakan gejala depresi dan kecemasan dengan menurunkan tingkat stres dan kecemasan. 

Selain itu, tidur siang hari telah terbukti meningkatkan fungsi kognitif, daya ingat, dan konsentrasi, yang penting untuk menjaga kesehatan mental.

3. Marah →Olahraga Angkat Beban

Ketika kita menderita masalah kesehatan mental, tidak jarang kita mengalami emosi yang intens seperti marah, frustrasi, dan lekas marah. 

Perasaan ini bisa membuat kewalahan dan melemahkan, yang membuatnya sulit untuk menghadapi kehidupan sehari-hari. 

Mengangkat bebadan dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk mengelola kemarahan dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi. 

Saat kita melakukan aktivitas fisik ini, tubuh kita melepaskan endorfin, yang merupakan penambah suasana hati alami yang dapat membantu meredakan perasaan marah dan frustrasi. 

Selain itu, angkat beban juga memungkinkan kita untuk melepaskan diri dari pikiran dan emosi negatif dengan cara yang sehat dan memungkinkan kita untuk fokus pada aktivitas fisik dan untuk sementara dapat melupakan pentengkaran mental kita.

BACA JUGA:Apa Itu Terapi Tertawa? Kamu Harus Tahu,Ternyata Ini Bisa Merawat Kesehatan Mental

BACA JUGA:Tips Parenting: Bunda Harus Hati-hati Nih, Ini 5 Dampak Pola Asuh Permisif Terhadap Kesehatan Mental Anak

4. Sedih → Berjemur

Ketika kita menderita masalah kesehatan mental, tidak jarang kita diliputi oleh perasaan sedih, putus asa, dan putus asa. 

Emosi ini bisa melemahkan, sehingga sulit menemukan motivasi untuk melakukan hal-hal yang paling sederhana. 

Paparan sinar matahari memiliki dampak signifikan pada suasana hati dan kesejahteraan kita secara keseluruhan, sehingga berjemur ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Kategori :