Hati-hati, Jangan Konsumsi Buah Ini Sebelum atau Setelah Minum Obat

Minggu 04-08-2024,11:27 WIB
Reporter : Erna Ayunda Rahmawati
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Bolehkah makan buah sebelum minum obat? Penting untuk memperhatikan waktu makan buah sebelum atau setelah minum obat. 

Hal ini karena beberapa buah memiliki interaksi yang dapat memengaruhi kinerja obat dalam tubuh. 

Kebanyakan buah-buahan mengandung senyawa kimia alami yang dapat berinteraksi dengan zat aktif dalam obat-obatan, baik itu mempercepat atau memperlambat proses penyerapan atau penguraian obat dalam sistem pencernaan. 

BACA JUGA:Manfaat Buah Labu untuk Penderita Sakit Maag dan Asam Lambung: Ini Kata Dr. Zaidul Akbar, Yuk Cek Lengkapnya

BACA JUGA:Ini Rangkaian Acara HUT RI ke-79 Tahun 2024 yang Akan Digelar di IKN dan Jakarta

Dengan memahami kapan sebaiknya mengonsumsi buah dan obat-obatan, kita dapat meminimalkan risiko interaksi yang tidak diinginkan dan memastikan bahwa pengobatan yang kita konsumsi dapat bekerja secara optimal dalam memulihkan kesehatan kita.

Bolehkah makan buah sebelum minum obat?

Dilansir dari Youtube SB30Health, Cece apoteker menjelaskan jenis buah apa saja yang justru dapat memberikan efek bila dikonsumsi sebelum dan setelah minum obat.

1. Durian 

“Kandungan di dalamnya itu ada metanol, etanol, sulfur, alkohol, jadi sangat berbahaya kalau misalkan kita mengkonsumsinya setelah atau sebelum minum obat,” jelas Cece.

Terutama berisiko bagi orang yang menderita sakit maag, hipertensi, dan diabetes, karena bisa mengganggu proses penyerapan obat.

2. Jeruk limau gedang

“Dia mengandung Furanokuramin, adalah senyawa organik yang dapat menghambat aksi enzim di hati dan usus yang fungsinya untuk memetabolisme obat,” ujar Cece.

Akibatnya, jumlah obat dalam tubuh bisa meningkat, sehingga juga dapat meningkatkan kemungkinan efek samping obat tersebut. 

“Yaitu obat penurun kolesterol, kemudian obat jantung, obat sistem kekebalan dan obat alergis,” ujar Cece.

Kategori :