Persiapan HUT RI ke-79 di IKN, Bendungan Sepaku Semoi Sudah Siap Jadi Sumber Air Baku untuk Ibu Kota Nusantara

Sabtu 03-08-2024,08:36 WIB
Reporter : Erna Ayunda Rahmawati
Editor : Haidaroh

“Jadi, untuk sumber air di Ibu Kota Nusantara sangat melimpah tidak akan terjadi kekeringan air maupun perebutan oleh warga lokal di sekitar IKN,” tambahnya.

Terkait dengan hal ini, pemerintah bersama Presiden Jokowi optimis bahwa pelaksanaan HUT RI ke 79 di IKN bisa berjalan dengan lancar dan baik.

BACA JUGA:7 Ide Bisnis yang Menjanjikan Menjelang 17 Agustus, Berkaitan dengan yang Dibutuhkan untuk HUT RI ke-79

BACA JUGA:Pakai Apa Supaya Ketombe Hilang? Ini Cara Menghilangkan Ketombe Menggunakan Bahan Alami

Hal ini karena aliran air yang melimpah sudah dialirkan ke berbagai area pemerintahan dan bangunan di Ibu Kota Nusantara. Salah satunya adalah Hotel Nusantara yang akan menjadi tempat menginap bagi tamu undangan dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 mendatang.

"Saya kira sudah 100% penuh, full 16 juta m3. Bendungan Sepaku Semoi sudah siap menjadi sumber air baku untuk IKN Nusantara dan Kota Balikpapan 500,” kata Menteri Basuki. 

Bendungan Sepaku Semoi memiliki luas genangan 322 ha dengan kapasitas tampung 16,17 juta m3. Bendungan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air baku dengan kapasitas 2.500 liter/detik dan mereduksi banjir 68% kawasan terdampak yakni seluas 1700 ha.

Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi berada dibawah tanggung jawab Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR dengan kontrak tahun jamak 2020-2024 senilai 836 miliar dengan kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya - PT Sacna - dan PT BRP (KSO).

BACA JUGA:Resep Tumpeng Merah Putih, Kreasi Unik yang Harus Dicoba di HUT RI ke-79

BACA JUGA:Ini Profil Meita Irianty, Influencer Parenting yang Viral Diduga Aniaya Balita di Daycare Miliknya

Selain pasokan air bersih yang lancar, listrik juga telah tersedia dengan baik di Wilayah Inti Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (IKN), khususnya di Istana Garuda. Listrik sudah tersambung merata untuk mendukung berbagai aktivitas di kawasan tersebut. (*)

Kategori :