Inilah Hal-Hal yang Dapat Kamu Fokuskan untuk Mengembangkan Dirimu

Jumat 02-08-2024,20:40 WIB
Reporter : Stefhanie Ardianty
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Membuat dirimu berkembang dapat dilakukan dengan memfokuskan dirimu pada hal-hal yang ada di dalam kendalimu. Seringkali kamu salah fokus dan mengejar segala hal yang ada diluar kendalimu sehingga alih-alih membuat dirimu berkembang, hal tersebut malah menghambat dirimu. 

Berdasarkan unggahan akun Instagram @pemimpin.indonesia terdapat beberapa hal yang tidak dapat kamu kendalikan yaitu masa lalu, masa depan, hasil, takdir, sikap orang lain, dan penilaian orang lain tentang dirimu. Seringkali kamu berpikir dan menyesali segala yang telah terjadi di masa lalu, padahal hal tersebut tidak dapat kamu ubah. Selain masa lalu, kekhawatiran akan masa depan juga merupakan hal yang berada diluar kendalimu. Untuk itu kamu hanya perlu fokus melakukan apa yang dapat kamu lakukan. 

Hasil dan takdir juga merupakan hal yang berada diluar kendalimu. Jadi, mulailah berhenti merutukki hasil yang tidak sesuai dengan harapanmu sehingga kamu dapat mulai berdamai dengan apa yang telah terjadi. 

Sikap orang lain serta penilaian orang lain tentang dirimu juga merupakan hal yang berada diluar kendalimu. Kamu tak bisa memgatur orang lain untuk selalu memikirkan hal yang baik tentangmu. Setiap orang berhak berasumsi tentang dirimu. Jadi, kamu hanya perlu mengendalikan pikiranmu untuk tidak terlalu memperdulikan apa yang orang lain katakan tentang dirimu. Selama kamu tidak merugikan mereka tidak perlu takut untuk terus melangkah.

Unggahan akun Instagram @pemimpin.indonesia turut memberikan beberapa tips yang dapat kamu fokuskan untuk membuat dirimu lebih berkembang sehingga segala usaha yang kamu lakukan akan membuahkan hasil yang positif. Tips ini berkaitan dengan kemampuan Self-Development/Management. Yuk simak apa saja tipsnya!

BACA JUGA:5 Skill Ini Harus Dimiliki Mahasiswa, Sudah Ada yang Kamu Kuasai?

1. Mulai Melatih Mindfullness 

Ketika seseorang tidak bisa fokus dan dihantui dengan ketakutan di masa lalu dan masa yang akan datang tentunya ia tidak akan berani untuk melangkah dan hal tersebut akan menghambat seseorang untuk melakukan sesuatu. Untuk itu, kamu perlu mulai melatih mindfullness sehingga memiliki kesadaran untuk dapat mengendalikan emosimu dalam merespon segala yang terjadi dalam hidupmu. Mindfullness juga dapat kamu gunakan untuk berpikir jernih mengenai segala persoalan. Kamu dapat lebih fokus menjalani kehidupanmu saat ini dan mulai menyingkirkan segala ketakutan yang ada di kepalamu. 

2. Mulailah Tetapkan Tujuan yang Jelas 

Tujuan dapat membuat segala hal yang kamu kerjakan menjadi lebih terarah dan sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Kamu bisa mulai memfokuskan dirimu pada langkah-langkah kecil yang dapat kamu lakukan. Dengan adanya tujuan yang kamu tetapkan menjadikan dirimu lebih termotivasi dalam menjalankan sesuatu. 

3. Belajar Menerima dan Mengikhlaskan Sesuatu

Mungkin berat untuk seseorang dapat menerima dan mengikhlaskan sesuatu yang buruk terjadi dalam hidupnya. Namun, kamu juga perlu mengambil hal positif dari semua yang terjadi. Bisa saja hal tersebut adalah cara tuhan untuk membuat dirimu lebih kuat dan pantang menyerah. Dengan menerima apa yang tidak bisa kamu ubah akan membuat dirimu lebih ringan dalam menjalani hidup. Kamu bisa mulai fokus menjalani apa yang dapat kamu lakukan saat ini daripada terus meratapi apa yang sudah terjadi. Dengan menerima dan mengikhlaskan bisa mengurangi kecemasan dan stresmu. 

4. Cobalah Mengembangkan Keterampilan Baru 

Untuk membuat dirimu semakin maju, kamu dapat mulai mengembangkan keterampilan baru yang kamu pelajari. Daripada memfokuskan dirimu pada satu hal, kamu dapat mulai keluar dari zona nyamanmu dan mencoba melakukan tantangan baru. Keterampilan baru yang kamu pelajari bisa membuat dirimu semakin percaya diri. Kamu bisa mulai mencari kesempatan belajar hal baru melalui buku, kursus, dan pengalamanmu sehari-hari.

BACA JUGA:5 Skill Penting yang Harus Dimiliki Gen Z untuk Sukses di Era Digital

Kategori :