Bukan Sekedar Bumbu, Ini 6 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Jumat 02-08-2024,12:17 WIB
Reporter : Erna Ayunda Rahmawati
Editor : Haidaroh

Bawang putih mengandung senyawa sulfur yang aktif, dan zat inilah yang berperan dalam mencegah munculnya sel-sel kanker. Dengan menambahkan bawang putih dalam diet sehari-hari, kita dapat memberikan dukungan bagi kesehatan tubuh dan melawan risiko kanker. 

Memahami manfaat bawang putih yang lebih dalam akan membantu kita lebih menghargai bahan alami ini. Selain memberikan rasa yang lezat, bawang putih juga bisa menjadi bagian dari upaya menjaga kesehatan secara keseluruhan.

3. Mengatasi jerawat Dalam

Untuk mengatasi jerawat, kamu bisa mengonsumsi bawang putih. Ini karena bawang putih memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. 

Selain itu, bawang putih juga dapat menghentikan peradangan di kulit berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, seperti vitamin C, vitamin B6, selenium, tembaga, dan seng. 

Dengan berbagai nutrisi tersebut, bawang putih dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih atau sebum di wajah. 

BACA JUGA:Bawang Putih Solusi Untuk Penyembuh Luka, Apakah Luka Hati Juga Termasuk?

BACA JUGA:6 Ide Lomba 17 Agustusan untuk Bapak-bapak yang Bikin Heboh, Yuk Meriahkan HUT RI ke-79

4. Mengendalikan tekanan darah

Orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa mencoba mengonsumsi bawang putih untuk membantu mengontrol tekanan darah mereka. Bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik berkat kandungan allicin yang ada di dalamnya. 

Agar manfaat ini bisa dirasakan, bawang putih sebaiknya dikonsumsi dengan cara dipotong, digeprek, atau dikunyah. 

Dengan cara ini, kandungan allicin akan aktif dan memberikan efek positif bagi kesehatan. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan bawang putih dalam diet harianmu.

5. Menyehatkan jantung

Bawang putih dapat membantu menurunkan aterosklerosis, yaitu penebalan dinding pembuluh darah. Dengan begitu, kesehatan jantung juga akan meningkat jika tekanan darah terjaga dengan baik. Jadi, mengonsumsi bawang putih bisa menjadi langkah yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

BACA JUGA:5 Jenis Bawang Beserta Sejuta Manfaatnya

BACA JUGA:7 Ide Bisnis yang Menjanjikan Menjelang 17 Agustus, Berkaitan dengan yang Dibutuhkan untuk HUT RI ke-79

Kategori :