7 Kuliner Khas Pandeglang yang Wajib Dicoba, Makanan yang Satu Ini Terkenal Banget!

Selasa 23-07-2024,13:31 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

Banten Selatan mempunyai kuliner terkenal bernama Leumeung. Leumeung atau Lemang terletak di kecamatan Malimping Lebak Selatan.

Masakan tradisional Banten ini terbuat dari campuran ketan yang diberi rasa kelapa dan santan. Masukkan campuran ketan dan santan ke dalam batang bambu dan panggang di perapian hingga matang.

2. Lepet

Lepet merupakan makanan umum di berbagai wilayah nusantara. Daerah penghasil lepet yang paling terkenal adalah Dataran Sunda dan provinsi Banten. Bila kamu berkunjung ke kota Serang, kamu akan menjumpai banyak penjual lepet. Lepet sendiri adalah makanan pasar yang mirip dengan nasi.

3. Angeun Lada

Masakan yang dalam bahasa Indonesia artinya sayur pedas. Namun, saat kamu mencobanya, kamu perhatikan meskipun kuahnya berwarna merah, namun tidak pedas sama sekali. Ada jeroan sapi di kuah merahnya. Hidangan ini banyak ditemukan di rumah makan khas Pandeglang. Makanan ini konon mempunyai efek meningkatkan vitalitas pria.

4. Apem Putih Cimanuk

Pandeglang lebih tepatnya kabupaten Cimanuk terkenal dengan makanan khasnya yaitu Apem Putih. Jika kamu lewat di sana saat bulan Ramadhan, kamu akan melihat banyak orang yang berjualan apem putih di pinggir jalan. Masakan khas pandeglang ini cocok sekali untuk disajikan saat bersantai, kumpul keluarga atau sebagai tajil berbuka puasa.

5. Otak Otak

Otak Otak merupakan jajanan populer di kawasan pesisir Kabupaten Pandeglang. Otak-otak ini sangat kental dengan ikan dan harum, lembut di mulut. Otak Otak adalah makanan khas pandeglang yang dibuat dengan mencampurkan ikan tenggiri dengan tapioka atau aci. Campurkan kedua bahan dasar ini dengan santan, bawang putih, merica, gula pasir dan garam. Lalu bungkus dengan daun pisang.

6. Jojorong

Kue Jojorong merupakan makanan khas Suku Banten Kabupaten Pandeglang. Kue ini merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras dan santan dengan gula merah di dalamnya. Tempat kue atau mangkok berbentuk persegi dan terbuat dari daun pisang yang masing-masing ujungnya diikat dengan tusuk gigi.

7. Kue Pasung

Kue Pasung juga terbuat dari tepung beras seperti halnya Kue Jojorong, namun adonan kuenya dibuat dengan mencampurkan tepung beras dan gula merah menjadi dua bagian, lalu ditambahkan tepung sagu dan santan agar kenyal tekstur.

Potongan kelapa atau nangka biasanya ditambahkan ke dalam adonan untuk memberikan kelembutan dan rasa pada kue. Keunikan kue ini adalah bentuknya yang seperti corong. Kalau daun pisang Jojorong berbentuk seperti kapal, maka daun pisang pada Kue Pasung berbentuk seperti corong.

Itulah beberapa makanan khas Pandeglang yang wajib kamu coba, terutama makanan-makanan ini ada juga yang hanya dibuat di hari-hari tertentu saja. (*)

Kategori :