Kamu Sulit Move On dari Suatu Hubungan? Yuk Intip Tipsnya di Sini, Dijamin Efektif dan Lebih Positif

Kamis 20-06-2024,12:35 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

“Beri diri kamu satu atau dua malam atau berapa pun yang kamu perlukan untuk menonton film sedih dan menangis, tetapi kemudian tentukan tanggal tertentu dan katakan, 'Pada tanggal ini, saya akan bangun, saya akan berpakaian, saya 'Saya akan keluar.” Kata Beth Sonnenberg, pekerja sosial klinis berlisensi dan psikoterapis di Livingston, New Jersey.

3. Buatlah rencana dengan teman dan keluarga

Melakukan kegiatan adalah cara yang bagus untuk menghilangkan pikiran kamu terutama jika itu berarti meluangkan banyak waktu untuk bersenang-senang dengan teman dan keluarga yang menyayangi dan mendukung kamu. Faktanya, berfokus pada orang lain dalam hidup kamu adalah salah satu cara terbaik yang menurut para ahli dapat kamu lakukan untuk move on dari hubungan yang telah berakhir.

Namun jangan lupakan hubungan terpenting yang kamu miliki yaitu hubungan dengan diri kamu sendiri. Perawatan diri memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan mental dan ini merupakan cara lain untuk mengalihkan perhatian kamu selama masa-masa sulit.

4. Ingatlah saat-saat indah

Mencatat hal ini penting agar kamu dapat melihat gambaran besarnya dengan cara yang lebih bermanfaat. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan fokus pada aspek positif dari pasangan kamu.

5. Tetap berhubungan dengan mantan (jika memungkinkan)

Jika kamu bisa tetap berhubungan dengan mantan, kehilangannya mungkin tidak terlalu besar.

"Mungkin Anda mempunyai banyak teman yang sama dan Anda masih bisa berkumpul dan menjalin hubungan tertentu, meski tidak seserius itu,” kata Sonnenberg.

Namun, dia menyarankan untuk membiarkan hal itu terjadi secara alami daripada membuat rencana untuk tetap berteman selama diskusi tentang perpisahan.

6. Temukan kembali diri Kamu

Kita semua berkorban untuk bisa bersama orang yang kita cintai, bahkan dalam hubungan terbaik sekalipun. Namun kembali ke hal-hal yang dulu kamu sukai dapat membantu kamu mengatasi kehilangan dengan cara yang lebih sehat.

7. Bersikaplah santai pada diri sendiri

Dalam hal bagaimana berhasil move on dari suatu hubungan, komponen kuncinya adalah menerapkan rasa welas asih. Cara kamu bereaksi terhadap perpisahan adalah urusan kamu, dan tidak ada cara yang benar atau salah untuk melakukannya. Beberapa orang mungkin bersedih pada awalnya dan kemudian perlahan-lahan bisa mengatasinya, yang lain justru sebaliknya.

8. Hindari hubungan rebound

Berhubungan dengan seseorang segera setelah putus cinta adalah ide yang buruk, terutama jika kamu yang dicampakkan. Namun hal ini dapat dimengerti ini adalah salah satu cara untuk menghilangkan rasa sakit dan kesepian. Ini juga merupakan cara untuk membalas mantan kamu dan membuktikan kepada mantan kekasih mu bahwa kamu sudah bisa move on.

Kategori :