Bahaya Kurang Tidur Dapat Sebabkan Kanker, Begini Kata Maudy Ayunda

Sabtu 01-06-2024,11:34 WIB
Reporter : Ghina Aulia Az-Zahra
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Menjaga pola tidur yang teratur adalah satu hal yang sangat penting untuk kelangsungan hidup, ketika kurang tidur maka dapat menimbulkan banyak bahaya termasuk kanker.

Maudy Ayunda membahas bahaya kurang tidur dalam kanal youtubenya 'Maudy Ayunda' berdasarkan buku yang ia baca dengan judul 'Why We Sleep' oleh Matthew Walker, phD. Isi buku ini membahas penelitian tentang tidur. 

Dalam videonya Maudy menjelaskan 3 insight. Salah satunya kurang tidur ternyata berpotensi menimbulkan kanker, simak penjelasan berikut ini.

1. Tidur Punya Manfaat yang Tidak Terhitung

Kamu mungkin sudah merasa sudah dalam pola hidup yang sehat, makan dan olahraga yang teratur namun terkadang lupa jika kamu perlu pola tidur yang teratur juga. Sistem kekebalan didalam tubuh membutuhkan tidur untuk melawan penyakit dan infeksi. 

BACA JUGA:Hati - Hati, Ternyata Tidur Terlalu Lama Bisa Bikin Bahaya

Ketika kamu tidur kurang dari 6 - 7 jam makan kamu melipatgandakan kemungkinan terkena kanker. 

kurang tidur tidak bauk untuk kesehatan mental, maudy menjelaskan berdasarkan dalam buku 'Why We Sleep' ketika kurang tidur otak akan jauh lebih reaktif secara emosional, tubuh jadi stres kronis dan rentan depresi.

Tidur dapat membantu jaga berat badan, jika kurang tidur akan meningkatkan hormon Ghrelin yabg menimbulkan rasa lapar dan menurunkan kadar hormon leptin yang menimbulkan rasa kenyang.

Dengan tidur teratur dapat memperkuat memori, menyiapkan otak untuk membuat juga memperkuat ingatan dan mencegah lupa. 

2. Caffein Musuh Tidur Teratur

Kafein adalah stimulan alami yang bisa ditemukan pada tanaman seperti kopi, stimulan merangsang otak dan saraf sehingga membuat tubuh tetap terjaga atau tidak mengantuk.

Kamu harus tahu jika lampu, temperatur ruangan dan caffein sangat mempengaruhi tidur. Caffein membuat otak kamu tidak dapat membaca 'kelelahan' yang menjadikan tidak ada rasa kantuk. Selama kamu minum caffein 5-7 jam kemudian, caffein itu masih ada dalam sistem tubuh kamu. Baiknya hindari minum caffein di sore hari.

3. Tips Cara Meningkatkan Kualitas Tidur

Mungkin kamu pernah berfikir jika malam ini begadang, akan dikejar jam tidur pada esok hari. Dalam buku yang diceritakan maudy, jam tidur tidak dapat diibaratkan utang yang bisa dibayar. 

Kategori :