Kenali Lebih dalam Narcissistic Personality Disorder dan Cara Mengatasinya

Kamis 16-05-2024,07:27 WIB
Reporter : Stefhanie Ardianty
Editor : Krisna Widi Aria

Narsistik terselubung (covert narcissism) mempunyai sikap yang berbanding terbalik dengan narsistik yang nampak. Seseorang yang mengidap NPD jenis ini akan merasa bahwa dirinya lebih baik daripada orang lain, tetapi tidak menunjukkannya secara langsung kepada orang tersebut. Walaupun cenderung mementingkan diri sendiri, tidak mempunyai rasa empati, dan selalu haus perhatian orang lain. Penginap narsistik jenis ini juga tidak jarang akan berlaku sebagai korban dan merasa bahwa dunia ini tidak berpihak kepadanya sehingga akan mudah depresi jika mengalami kegagalan. 

3. Narsistik Antisosial

Narsistik antisosial (antagonistic narcissism) merupakan jenis narsistik yang memiliki ciri-ciri hampir sama dengan narsistik terlihat. Namun, penginap NPD jenis ini akan selalu mengambil keuntungan dari orang lain dan tidak akan merasa bersalah. Pengidap narsistik jenis ini merupakan orang yang sulit memberi maaf pada orang lain dan cenderung memendam perasaan yang ia rasakan. Mereka juga akan selalu memperdebatkan hal-hal sepele dengan orang lain dan merasa tersaingi. 

4. Narsistik Prososial 

Pengidap narsistik jenis ini akan melakukan banyak perbuatan baik kepada orang lain. Namun, memiliki niat dibalik perbuatan itu yang tidak lain untuk mendapatkan pengakuan dan perhatian banyak orang. Pengidap narsistik prososial selalu mengharapkan validasi dan pujian sehingga membuatnya merasa bangga dan puas akan diri sendiri.

 

Narcissistic Personality Disorder memiliki gejala yang berbeda-beda tergantung orang-orang yang mengalaminya. Namun, terdapat gejala umum yang biasa ada pada pengidap NPD, yaitu sebagai berikut. 

  1. Terlalu mementingkan dirinya sendiri tanpa memperdulikan orang lain. 

2. Memiliki perasaan pentas untuk dikagumi, diakui, dan dicintai secara berlebihan. 

3. Selalu merasa lebih tinggi daripada orang lain. 

4. Selalu melakukan segala cara agar mendapatkan perhatian dari orang lain. 

5. Menganggap orang lain tidak lebih baik darinya. 

6. Berharap mendapatkan perlakuan spesial dari orang lain. 

7. Cenderung memanfaatkan orang lain untuk keuntungan diri sendiri. 

8. Memiliki sifat yang angkuh. 

9. Selalu menginginkan semua hal berjalan sempurna sesuai apa yang diinginkan. 

Kategori :