Kenali Lebih dalam Narcissistic Personality Disorder dan Cara Mengatasinya

Kamis 16-05-2024,07:27 WIB
Reporter : Stefhanie Ardianty
Editor : Krisna Widi Aria

INFORADAR,- Narcissistic Personality Disorder (NPD) merupakan kondisi gangguan kepribadian yang membuat seseorang akan merasa diri sendiri lebih baik dibandingkan orang lain sehingga penderita akan cenderung ingin merasa dikagumi dan menjadi pusat perhatian orang-orang. Gangguan ini kadang dapat membuat penderita tidak memiliki rasa empati kepada orang lain dan cenderung egois. Seseorang yang mempunyai gangguan ini memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi daripada orang pada umumnya sehingga tidak akan menerima jika dikritik. 

Walaupun pengidap NPD ini mempunyai rasa kepercayaan diri yang sangat tinggi. Namun, kepercayaan diri yang dimiliki seorang NPD itu berbeda. Kepercayaan diri yang biasa kita temui yaitu berbentuk positif dan berupa kualitas serta pencapaian pada diri seseorang. Sedangkan, pada penderita NPD kepercayaan diri tersebut kerap kali didasari oleh rasa takut jika orang lain melihat ia tidak bisa melakukan sesuatu sehingga ketika dikritik orang ini akan sangat mudah down dan depresi. 

Lalu, apasih yang menyebabkan gangguan Narcissistic Personality Disorder ini muncul? 

Sebenarnya hingga saat ini belum ditemui faktor kunci penyebab gangguan ini muncul, tapi terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan munculnya gangguan ini, yaitu sebagai berikut : 

1. Faktor neurobiologi, dimana terdapat hubungan antara perilaku dan pola pikir dengan otak yang memengaruhi bagaimana ia bertindak. 

2. Mempunyai keluarga yang mengidap Narcissistic Personality Disorder (NPD) 

3. Kesalahan pola asuh orang tua, seperti telalu memaksakan anak untuk menjadi yang terbaik hingga memanjakan anak yang berlebihan. 

4. Pada masa anak-anak terlalu banyak atau bahkan tidak pernah menerima pujian dari orang lain. 

5. Adanya pengalaman trauma di masa lalu, misalnya pernah mengalami tindakan kekerasan. 

6. Mempunyai sifat yang mudah marah dan tersulut emosi. 

Jika dibiarkan berlarut-larut, orang dengan gangguan narcissistic ini akan menemui permasalahan ketika berada di lingkungannya. 

Narcissistic Personality Disorder (NPD) memiliki beberapa jenis yang dapat kamu ketahui, yaitu sebagai berikut. 

  1. NPD tampak/terlihat

Narsistik terlihat (grandiose narcissism) membuat pengidapnya akan memperlihatkan sifat yang angkuh, rasa bersaing yang tinggi, kepercayaan diri yang berlebihan, tidak memiliki empati, dan suka mengintimidasi seseorang untuk kepentingannya sendiri. Penginap narsistik jenis ini akan cenderung menceritakan kehebatannya secara berlebih dan bisa merendahkan orang lain. 

2. Narsistik Terselubung

Kategori :