Batik Banten Mukarnas, Awal Mula Lahirnya Batik Banten? Simak Faktanya!

Sabtu 11-05-2024,19:40 WIB
Reporter : Haidaroh
Editor : Agung S Pambudi

INFORADAR.ID-Batik Banten Mukarnas yang berdiri pada tahun 2003 dipelopori Uke Kurniawa SE sebagai guru besar batik di Provinsi Banten. 

Pemerintah Provinsi Banten, Arkeolog Nasional dan Arkeolog Universitas Indonesia meneliti bangunan-bangunan peninggalan kesultanan Banten di Banten lama. 

Lalu ditemukan 70 ragam hias motif  yang ditemukan pada beberapa peninggalan di antaranya guci, gerabah dan batu nisan. 

Karena kegemarannya pada menggambar, 70 temuan motif itu Uke buat menjadi dasar motif batik Banten dengan menggabungkan berbagai motif hingga menjadi beraneka ragam.

Dari hanya 12 motif menjadi lebih dari 100 motif yang dipatenkan. Bahkan batik pertama di Indonesia yang dipatenkan adalah batik Banten.

Assriana Kenadianny (putri alm. Uke) menjelaskan jika Batik Banten Mukarnas adalah tempat pertama kali memproduksi Batik Banten. 

Kini kabupaten/kota sudah banyak produksi Batik karena adanya batik Banten Mukarnas.

"Pertama kali produksi batik pun di Batik Banten Mukernas ini, nah karena adanya Batik Banten Mukarnas ini, sekarang sudah banyaknya batik kota dan kabupaten di Provinsi Banten," tutur Assriana pada kanal youtube Pemerintah Provinsi Banten.

Batik Banten Mukarnas juga mengadakan pelatihan yang terbuka untuk umum yang dilakukan pada hari Senin-Sabtu, pukul 09.00 - 16.00 WIB

"Untuk pelatihan membatik bukanya kita dari hari Senin sampai dengan hari Sabtu pada jam 9 sampai jam 4 Sore. Kalau reservasi bisa langsung ke tempat kita atau mungkin mau lihat dulu tempatnya seperti apa itu bisa langsung ketempat kita reservasi, kalau tidak bisa ke tempat kami bisa melalui instagram atau bisa ke nomor WA," ucap Assriana.

Alamatnya ada di Jl. Bhayangkara No. 5, Kubil, Cipocok Jaya, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten 42121. Kamu bisa menemukan lokasinya di google maps juga. (*)

Penulis : Ghina Aulia Az-Zahra

Kategori :